*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 20 Januari 2009

tips Cuci mobil, mesin gak ngadat.

Acara cuci mencuci mobil memang asyik. Mobil jadi kinclong, dan harum. Namun perlu juga diperhatikan saat ingin mencuci mobil anda, biar selesai mencuci mesin mobil gak ngadat.
Sobat, ada beberapa komponen yang membutuhkan perlakukan khusus ketika dapur pacu akan disemprot air. Bukannya nggak boleh kena air, namun asal kondisi mesin tidak sedang hidup. Misalnya peranti kelistrikan.
Soket-soket kable contohnyaa, ada baiknya setelah terkena air segera dikeringkan. Terutama untuk mobil keluaran 90 an . Bisa jadi kondisi soketnya sudah gak seperti baru lagi. Bila kena air bertekanan tinggi , soket dikawatirkan bisa lepas. Untuk mobil-mobil anda yang keluaran baru, umumnya soketnya sudah dilengkapi sealer.

Untuk pengeringan sebaiknya ditiup menggunakan angin kompresor. Dimaksudkan agar air yang terselip di sela-sela kabel segera hilang menguap. Begitu pula untuk distributor, alternator ataupun lubang dudukan busi di mesin. Untuk amannya deh, tutup distributor harus dibuka dan semprotkan angin ke dalamnya.

Untuk lubang dudukan besi, hindarkan bagian ini tergenang air cucian. Memang she, kemungkinan masuk kedalam mesin sangat kecil, tetapi ada baiknya tetap disemprot angin.

Bagian lain yang perlu, moncong saringan udara. Terutama buat rumah filter yang masih menempel diatas karburator. Pada umumnya ujung corong menghadap kedepan. Perlu hati-hati menyemprot , air bisa masuk. Akibatnya gejala water hammer bisa saja terjadi. Resiko harus turun mesin.

Untuk mengatasi ini, tutup moncong pakai kantong plastik. Hal ini bisa juga dilakukan pada tutup distributor, alternator, kepala aki, dan atau komponen-komponen listrik lainnya.

Juga , perlu anda perhatikan, jangan langsung menyemprot secara langsung kebagian tersebut diatas. Anda sebaiknya, membersihkan bagian bawah mesin dahulu. Sebelum disiram, sikat bagian yang kotor dengan campuran minyak tanah dan sabun cuci.
Baru diguyur air. Untuk lebih aman lagi. Yaa, bagian diatas cukup dilap dengan kain basah. Atau menggunakan produk-produk pembersih yang banyak ditemui dipasaran.
Dan, akhirnya pastikan kondisi mesin dalam keadaan dingin. Jangan menyiram saat mesin masih panas. Pendinginan yang mendadak ini, bisa mengakibatkan penyusutan peralatan metal atau lainnya dengan cepat, dengan resiko mudah retak atau cepat membuat bagian karet-karet menjadi rusak.


Selamat menikmati acara mencuci mobil kesayangan anda.

Allahu a’lam

Sumber : Aneka tips merawat mobil, Otomotif




Tidak ada komentar: