Swedia,
Walaupun tidak banyak diberitakan, namun sebenarnya negara kutub utara ini juga
memproduksi skuter. Skuter yg
bertajuk The Svalan Scooter dirilis pada musim semi tahun 1954. Diproduksi perusahaan
Swedia John
Ericsson Maskinaktiebolag AB i Falun. Disamping itu ini pabrik ini juga memproduksi berdasar lisensi skuter
jenis lain dengan pabrikan M Berlin & co di Värnamo untuk memproduksi Apollo.
Sepintas sih ada banyak kemiripan bentuk antara Svalan Scooter dan Apollo Biet. Kedua skuter secara model ada variasi perbedaan , namun dibekali dengan mesin yang sama yaitu twostroke , 128 cc, hp 4,5 dan dengan dua gigi. Spek mesin ini selesai dari proses designer tahun 1949. Ya seperti avansa dan Xenia lah.
Sepintas sih ada banyak kemiripan bentuk antara Svalan Scooter dan Apollo Biet. Kedua skuter secara model ada variasi perbedaan , namun dibekali dengan mesin yang sama yaitu twostroke , 128 cc, hp 4,5 dan dengan dua gigi. Spek mesin ini selesai dari proses designer tahun 1949. Ya seperti avansa dan Xenia lah.
Pabrik Apollo
mulai melempar produksinya ke pasar mulai tahun 1953-1954.
Namun ada kendala yang mengganggu dalam
upaya penetrasi pasar , terutama pada
peralatan sistem pendingin mesin yang
kurang optimal. Sebenarnya mesin yang
diusung memang belum disetiing khusus untuk desain skuter yang serba tertutup. Mesin ini masih
mengadopsi sistem mesin motor konvensional yang bercorak terbuka, sehingga
mendapat bantuan pendinginan dari sirkulasi udara bebas. Namun para teknisi
pabrikan ini terus berupaya mengatasinya , salah satu caranya adalah membuat ventilasi
lubang-lubang kecil pada kap penutup mesin.
Ada masalah lain yang harus diperbaiki ,
yaitu dimensi roda belakang yang
kurang proporsional dengan tabung
roda , mengakibatkan kotoran ,
debu jalanan , lebih mudah masuk ke
ruang mesin. Namun secara umum hambatan
bisa diatasi, dengan cara mengimpor roda langsung dari pendekar skuter yaitu Italy.
Untuk memperkuat penampilan skuter ini juga dipasang headlamp pemanis yang
diimpor juga dari Italy.
Namun sayang nasib baik belum berpihak pada
produk skuter ini. Mereka kurang mendapat respon menggembirakan di pasar dalam
negeri maupun pasaran Eropa. Sehingga
pabrikan Apollo hanya memproduksi
42 Apollo Biet unit. Sedangkan jenis Scooter Svalan hanya diproduksi
100 sd 150 unit saja.
Walaupun demikian negara utara Swedia ini tetap termasuk dalah daftar sebagai
salah satu perintis motor Skuter di Eropa.
8. Italia,
Negara
ini seakan lekat dengan skuter . Sejarah
skuter negeri spageti ini dimulai
di penghujung tahun 1884. Perusahaan piaggio didirikan di genoa, Italia ditahun
1884 oleh Rinaldo Piaggio. Bisnis Rinaldo sebenarnya berbasi industri peralatan
kapal laut. Selanjutnya , Piaggio grup
melakukan ekspansi hingga ke industri teransportasi yang lain misalnya memproduksi
rel kereta, gerbong kereta, body truck, mesin dan kereta api.
Pada
era perang dunia I, perusahaan Piaggio merambah juga ke produk-produk peralatan
keperluan perang , misalnya memproduksi
pesawat terbang dan kapal laut untuk keperluan perang.
Pada
tahun 1917 Piaggio mengakuisisi salah satu pabrik baru di Pisa dan 4 tahun kemudian Rinaldo
juga mengambil alih sebuah pabrik kecil di Pontedera didistrik Tuscany Italia.
Pabrik di Pontedera inilah , kemudian dikembangkan menjadi menjadi pusat
produksi pesawat terbang beserta komponen-komponennya (baling-baling, mesin dan
pesawat) untuk memasok keperluan pemerintahnya di era selama perang dunia II. Produk
andalan pabrik di Pontedera adalah produk pesawat P108 bermesin empat untuk versi
pembom.
Jadi
selama Perang Dunia I dan II,
sebenarnya perusahaan Vespa (Piaggio) adalah produsen pesawat pembom
maupun peralatan keperluan perang lainnya.
Setelah
era perang berakhir dan sebagai negara
kalah perang, maka semua industri yang
berbasis militer atau alat perang harus
menghentikan produksi dan diubah menjadi pabrik alat-lat keperluan sipil.
Enrico
Piaggio, putra pendiri Rinaldo Piaggio, memutuskan untuk meninggalkan bidang
penerbangan militer dan beralih ke industri transportasi sipil yang murah dan
tidak melanggar perjanjian dengan negara pemenang perang (Inggris dan AS) .
Nah
ini cerita lain, sebernarnya kelahiran skuter Vespa ini terinspirasi dari model skuter Amerika Cushman Airborne
A53 varna hijau zaitu. Skuter Cushaman ini sebenarnya merupakan kendaraan militer
pasukan payung (Linud) Amerika , yang berada di garis depan pertempuran di
wilayah Italia. Waktu itu skuter Cushman banyak dipakai lantaran
kendaraan berat tidak bisa digunakan karena banyak jalan dan jembatan
raya dihancurkan Nazi Jerman untuk
membendung gelombang laju militer sekutu
(AS dan Indggris). Nah Skuter Cushman ini
ternyata efektif digunakan untuk
meningkatkan laju mobilitas pasukan sekutu di medan yang sulit .
Keunggulan
kegesitan skuter Cushman ini ternyata menjadi inspirasi lahirnya skuter Vespa
Piagio, yang dalam perkembangannya justru menjadi cikal bakal skuter paling
laku didunia masa itu.
Maka
pada 1945, model konstruksi alternatif jiplakan model Skuter Cushman selesai
dibuat. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk
membulat ala terowongan. Ada hal unik
bahwa ternyata bagian staternya
dirancang dengan menggunakan komponen pemantik bom dan rodanya diambil dari
roda pesawat tempur. Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya,
merancang papan penutup kaki pada bagian depan.
Prototipe
ini didesain oleh insinyur Piaggio yaitu Renzo Spolti bersama Vittorio Casini
dan diberi kode MP5(Moto
Piaggio 5), yang kemudian oleh para pekerja dinamai “Paperino” yang berarti
“Donald Duck”. Enrico Piaggio tidak menyukai desain ini kemudian meminta
insinyur Corradino D’Ascanio untuk me-review proyek tersebut dan mendesain
kembali sesuatu yang berbeda, dengan pengembangan teknis dan model yang punya
nilai jual pasar. Meskipun begitu, prototipe ini tetap diproduksi walau 100 unit .
Kemudian
D’Ascanio membuat rancangan yang simple, ekonomis, nyaman dan juga elegan ,
mudah dikendarai , dan bisa diterima
pasar. Namun ada yang unik dari si
perancang D’Ascanio , ia sendiri sebenarnya tidak dapat mengendarai
sepeda motor roda dua . Karena
berlatar belakang pendidikannya yang
ahli teknik rancang pesawat
tempur , maka desainnya banyak terinspirasi model pesawat tempur kala itu. Ia mendisain sebuah kendaraan yang dibangun
dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan
seperti ban pesawat yang sedang mendarat dan mudah untuk penggantian ban.
Hasilnya adalah sebuah design yg terinspirasi dari pesawat
yang unik dan berbeda , munculah desain
Vespa Piagio MP6
Sejak
awal produksi, skuter Vespa telah terkenal akan cat yang melekat kuat, body
motor yang terbuat dari baja tekan, penutup mesin yang punya estetika (yang
sekaligus bisa menyembunyikan mekanisme mesin maupun gemuk atau kotoran yang
menempel), papan pijakan kaki rata (yang menyediakan perlindungan kaki), dan
tameng depan struktural yang sekaligus melindungi pengendara dari terpaan angin
maupun air dari depan. Tidak diragukan lagi, Vespa merupakan
skuter pertama yang secara global meraih kesuksesan.
Vespa
Piagio seri MP6 , ternyata cepat populer
di masyarakat , bahkan tahun 1947 terserap di pasar hingga 2.500 unit, tahun
berikutnua terjual lebih dari 10.000 unit
dan terus meningkat di
tahun-tahun selanjutnya. Bahkan di era
50 an , membukukan rekor lebih dari satu
juta unit terjual pada tahun 1956.
Model skuter tawon ini
menjadi sangat populer di Italia bahkan Eropa , seakan menjadi ikon baru disanan.
Ketenaran
vespa seolah menjadi simbol gaya hidup zamam itu. The Times menulis
"Sepenuhnya buatan Itali, yang belum kita lihat setelah Chariot
Roma." Era tahun 1950 an kkuter
berpantat tawon ini diproduksi di 13 negara dan dipasarkan ke 114 negara.
Ketenaran
Vespa juga merambah dunia film. Orang-orang terkenal ini: Raquel Welch, Ursula
Andress, Geraldine Chaplin, Joan Collins, Jayne Mansfield, Virna Lisi, Milla
Jovovich, Marcello Mastroianni, Charlton Heston, John Wayne, Henry Fonda, Gary
Cooper, Anthony Perkins, Jean-Paul Belmondo, Nanni Moretti, Sting, Antonio
Banderas, Matt Damon, Gérard Depardieu, Jude Law, Eddie Murphy dan Owen Wilson
pernah berfoto atau main film dengan Vespa. Di Indonesia , keberadaan Vespa di Indonesia juga
mempunyai penggemar tersendiri .
Vespa
secara garis besar terbagi dalam dua ukuran, “largeframe” dan
“smallframe”. Vespa smallframe terdiri dari versi 50 cc, 90
cc, 100 cc, dan 125 cc. Semua menggunakan mesin yang diturunkan dari
model 50 cc tahun 1963. Vespa largeframe di 125 cc, 150 cc, 160 cc,
180 cc, dan 200 cc menggunakan mesin yang diturunkan dari mesin 125 cc yang
didesain ulang produksi akhir tahun 1950-an. Vespa largeframe
berevolusi menjadi PX di akhir 1970-an dan diproduksi dengan versi 125 cc dan
150 cc sampai Juli 2007. Smallframe berevolusi menjadi PK
pada awal tahun 1980.
VESPA DI INDONESIA
Kepopuleran Vespa
di Indonesia dipengaruhi oleh “Vespa Congo”. Vespa tersebut
diberikan sebagai penghargaan oleh pemerintah Indonesia terhadap Pasukan
Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Congo saat itu. Menurut
beberapa narasumber, setelah banyak Vespa Congo berkeliaran di jalanan,
mulailah Vespa menjadi salah satu pilihan kendaraan roda dua di Indonesia. Importir lokal turut mendukung perkembangan Vespa di tanah air.
PRINSIP DASAR
KINERJA MESIN VESPA
Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari
I. KARBURATOR
Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.
II. PENGAPIAN
Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah
III. RUANG BAKAR
Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakar tercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER.
Prisip dasar kinerja dari pada mesin vespa ini berbasis dua tak atau dua langkah, langkah pertama adalah pembilasan serta percampurannya antara bahan bakar dan udara yang sebelumnya sudah di atur dari karburator, lalu langkah kedua proses penekanan bahan bakar keruang bakar sehingga terjadilah ledakan dari percikan api busi dan bahan bakar yang berakibat adanya dorongan seher yang memutar poros engkol dan kopling gir transmisi. Di bawah ini saya akan menjelaskan perangkat mesin vespa super yang terdiri dari
I. KARBURATOR
Karburator adalah satu komposisi alat yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar, ini sebuah alat yang berkerja secara kinetik tanpa alat elektronik sipengendara hanya mengatur suplai udara melalui tuas gas yan ada distang kemudi lalu perangkat lainnya dari karburator menyesuaikan dengan sendirinya.
II. PENGAPIAN
Yang disebut Proses pengapian adalah terjadinya satu percikan api busi sebagai penyulut bahan bakar yang telah tercampur dan terbilas oleh poros engkol atau krukas yang ada dalam ruang bakar guna terjadinya ledakan yang menghasilkan dorongan seher. Api yang ada di busi daihasilkan dari SPUL PLATINA yang ada dalam medan magnet, setrum dari spul di stabilkan KONDENSATOR berukuran 2 farad lalu di sinyalkan atau sistem pemulsaran oleh PLATINA setrum yang melalui proses di atas di perkuat atau perbesar oleh KOIL, proses ini berdampak percikan api di BUSI berkekuatan lebih dari 4000 voltase dengan titik ampere lemah
III. RUANG BAKAR
Ruang bakar adalah satu ruang yang ada di dalam mesin vespa untuk menghasilkan tenaga berkapasitas 150 CC, di sini terjadi proses MIXTURISASI atau penyampuran antara bahan bakar berjenis bensin dengan udara KRUKAS atau poros engkol stelah bahan bakar tercampur di transperkan oleh seher yang nya tlah terdorong oleh proses sebelumnya melelui rongga ransfering yang ada pada BLOK SILINDER.
Selanjutnya
melalui sistem kompresi bahan bakar
mengalami penekannan ke ruang vakum yang ada pada HEAD SILINDER di sini lah
terjadi ledakan hasil dari tekanan dan percikan api busi, sisa bahan bakar yang
berjenis korbon dioksida dibuang ke udara lepas melalui lubang buang mengarah
ke KNALPOT yang berfungsi menmanfaatkan gas buang sebagai kompresi balik untuk
menyempurnakan proses selanjutnya, dan juga knalpot ini berfungsi sebagai
peredam suara ledakan,
IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.
IV. ROTASI ATAU PUTARAN MESIN
Tiga proses di atas menghasilkan rotasi atau perputaran mesin dan gir-gir yang ada di girbok di melalui KOPLING atau cluth yang berpungsi sebagai otomatis penetral putaran gir sesui dengan keinginan pengendara dalam gir bok terdiri dari GEAR PRIMER atau lebih di kenal dengan gigi borobudur rotasi dari gigi borobudur ini berhubungan langsung dengan GEAR SEKUNDER atau lebih dikenal sebagai gigi seri. Pengaturan transmisi dari kecepatan gigi 1 ke 4 doleh CRASH GEAR atau gigi silang pengaturan ini langsung di hubung kan ke kendali atau stang motor, keunikan mesin ini dalam mantransferkan tenaga tidak menggunakan sistem rantai. Dalam perawatan lebih murah dan mudah yang terpenting adalah ketelitian dan ka apikan kit menggunakan mesin ini.
Namun
bagi penggemar vespa klasik, ada sedikit kendala yang bisa jadi mengurangi
kenyamanan berkendara , yaitu lampu depan Vespa yang dinailai kurang
terang. mau tanya nih. Bagaimana
menambah accu (aki) untuk vespa tua (super
150), supaya lampunya tambah terang.
150), supaya lampunya tambah terang.
Ada
cara simpel , sbb :
1. Coba
anda cari kabel spul yg dari magnet,
lalu pararel dengan dipasang kiprok, lebih bagus lagi yg kaki empat.
2. Dari
kiprok langsung ke aki sesuai dengan kutub + & -nya.
3. Selanjutnya
anda tarik dari aki ke kabel lampu depan ( yg lama dipotong) sesuai switch-nya. catatan : kalo bisa kutub +nya yg di
sakelar/switch.
4. Lebih
optimal lagi kalao ditambah perangkat relay.
5. Lebih
besar ampere aki makin oke , selanjutnya jangan lupa ditambah sekring pengaman setelah aki.
6. Dengan
cara ini memungkinkan lampu tetap bisa menyala, walaupun mesin lagi off
7. Pasang
lampu dengan watt lampu depan dengan aki standarnya sih 25 watt 12v
8. Bisa
anda tambah perangkat tambahan misalnya lampu sein dan hazardnya,
9. Kalo
pengin cara yg lebih sulit ( tapi lebih baik ) ya rubah spul, magnet dll kalo
bisa niru vespa model baru, soale dengan metode diatas, listrik ke pengapian
jadi berkurang...kan buat nyetrum ke
aki......
10.
Semoga bermanfaat
Allahu a’lam
Allahu a’lam
Sumber kutipan : scuderiavespasvedese.blogspot.com, Nanasemper
VIO 063, ndalorkebo. blogspot.com, badjingan-scooter.blogspot.com
, wikipedia, scooter.com , .apasih. com/2011/08/sejarah-motor-vespa-serta.html,
zonapencarian .blogspot.com , dll.
1 komentar:
Tq. Tuk infonya
Posting Komentar