*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 28 April 2013

Tips : atasi lampu motor yg redup (2 dr 2)


Setelah dibahas sepintas seputar sistem kelistrikan sepeda motor lawas kita, kini kita masuk lebih mendalam tentang salah satu komponen penting sistem kelistrikan sepeda motor kita, yaitu yg sering kita dengar sebagai kiprok.
Kita mengetahui bahwa sumber arus listrik pd motor didapatkan dari spuel pengisian arus bolak-balik (AC= Alternating Current). Karena laju putaran mesin selalu berubah  tidak stabil maka arus yg dihasilkan juga berubah-ubah. Saat gas digeber pol ,bisa menghasilkan arus sd 18-20 Volt. Mk perlu alat penstabil tegangan menjadi sekitar 12 Volt dan bertipe arus searah (DC = Direct Current). Perangkat penstabil dan penyearah tegangan arus listrik inilah yg biasa dikenal sbg  Kiprok.
Dengan seringnya pemakaian , tentu terjadi penurunan  fungsi  kiprok , yg menyebabkan aliran suplai pengisian aki juga turun, shg lampu motor meredup walau putaran mesin tinggi. Kiprok juga makin cepat soak bila gas digeber penuh shg  terjadi tegangan tinggi pd aki  ( 19 volt atau lebih) atau tegangan yg berubah-ubah cepat (digleyer).

Untuk memastikan kondisi kiprok masih normal atau tidak, kita bisa mengukurnya dg avometer.  Adapun yang diukur dengan alat ini adalah tahanan pada komponen di dalam kiprok. Idealnya tahanan kiprok berkisar antara 0,24 sampai 0,36 ohm atau bisa sampai 0,40 ohm. Tapi, kalau di bawah angka tersebut artinya kiprok sudah soak.

Cara lain untuk mengetahui kerusakan pada kiprok ,  dengan perangkat pengukur  Multi tester ke aki motor saat mesin motor hidup, kemudian anda gas motor, bila tegangannya terbaca di multitester lebih dari 15 volt sudah dicurigai Kiprok jebol jadinya tegangannya ngeloss ke aki  akibatnya aki cepat soak , cdi, kelistrikan bisa rusak, yang normal saat diukur adalah tegangannya 13.6 volt saat motor nyala di RPM tertinggipun .

Dengan diperkenalkannya teknologi motor tanpa  aki . Maka perangkat kiprok juga disesuaikan dengan perangkat  tambahan sebagai penyetabil tegangan. Sehingga walau tak  dilengkapi aki namun tegangan listrik motor tetap stabil. 

gbr 1. Kiprok konvensional , (gbr. 2). kiprok pengembangan  

Nah sekarang ada beberapa tips untuk mengatasi lampu depan motor yang meredup.

1.    Menggunakan 2 kiprok  dalam satu  motor.
tabloid Otomotif (edisi 17/XVIII) telah melakukan tes dimana performance dua kiprok yang dipasang secara seri, menghasilkan performance yang lebih baik. Cara pemasangannya juga mudah , dengan menghubungkan secara seri kedua kiprok tadi pakai kabel. Jangan lupa membuat dudukan kiprok yag baru. Bisa membuat lubang pada kerangka motor atau menambah besi plat untuk di buat dudukan.






 2.    Memasang  komponen tambahan : resistor,
Coba anda siapkan  potensio/ resistor variable untuk adjustment sesuai dengan cahaya lampu yang diinginkan, atau bisa  menggunakan resistor 330,470,500,620,680,820,1K untuk motor .Hindari penggunaan  resistor diatas 1K, lampu bisa menyala terlalu terang dan putus. Jangan sampai melebihi toleransi dari lampu tersebut, max 16-18 volt untuk OSRAM dan Wurth bisa lebih mencapai 30Volt, serta gunakan reflector asli agar lebih awet dan tidak meleleh.
   
Adapun cara pemasangannya adalah sbb ;
a.       Potong kabel berwarna kuning merah/belang yang masuk ke Kiprok, 

 b.    Lalu pasangkan  dan pasangkan resistor 820 ohm 1 watt, jangan lupa diisolasi




c.    agar resistor gampang dibongkar pasang atau diganti bila sudah rusak, anda bisa menggunakan tutup Fuse seperti gambar berikut, dengan menyambung kabel tambahan





Lalu, bagaimana logikanya ?
Kita mengetahui bahwa Limit tegangan supply lampu diatur oleh kiprok. Jika kita memanipulasi menggunakan resistor, maka tegangan supply ke lampu bisa lebih besar dari standarnya. Hasilnya lampu akan menyala lebih terang pada RPM yang sama, jika dibandingkan dengan tanpa manipulasi. Rasionalnya bagaimana ?
karena kiprox menerima input yang lebih rendah dari yang seharusnya. Karena menerima tegangan yg lebih rendah, sehingga Kiprox melakukan regulasi tegangan, hasilnya tegangan ke lampu lebih besar.
   Dipasaran banyak dijumpai Booster Lampu, bahkan Kiprok Khusus untuk membuat lampu 2 kali lebih terang dengan harga ratusan ribu, secara prinsip tidak berbeda..karena sama-sama menaikan arus dan tegangan sesuai batasan yang dijinkan,  dengan cara ini anda bisa membuat lampu 2,3,4 kali lebih terang, konsekuensinya Lampu akan lebih mudah putus.

3.    Periksa gulungan spul
Kemungkinan yang terakhir jika lampu motor anda redup ada pada bagian spul magnet. Karena bagian ini bertugas menjadi penghasil aliran listrik yang berfungsi sebagai pengisi aki dan penyalur kelistrikan ke part-part lain termasuk lampu pada motor anda. Maka jangan heran jika ada masalah pada bagian ini alat-alat kelistrikan pada motor anda tidak bisa bekerja dengan normal.








Cara penanganannya adalah mengganti spul magnet dengan yang baru, atau jika anda ingin lebih irit anda bisa pergi kebengkel dinamo kepercayaan anda untuk memintanya menggulung kembali spul magnet anda dengan gulungan baru, dan tentunya hal ini sedikit lebih murah dibandingkan anda membeli part baru.
Jadi selain perangkat kiprok, gulungan sepul bisa juga jadi penyebab lampu redup. Gulungan sepul yang sudah lama dipakai biasanya bikin lapisan pelindung kawat email  bagian luar mengeras dan retak. Atau bisa juga kualitas kawat gulungan sudah tidak seprima ketika baru. Makanya ketika sepul panas, terjadi konslet di sekitar kawat yang luka dan menyebabkan tegangan menurun.

4.    Kualitas bohlam lampu  motor
Namun sebelum mengklaim kiprok dan gulungan sepul rusak, ada baiknya pastikan kualitas merkbohlam ya dipakai. Sebab penggunaan bohlam imitasi juga dapat mengakibatkan nyala nggak optimal.




5.    Kualitas  rumah lampu motor




Dan yang tidak kalah penting, disarankan agar selalu menjaga kebeningan dan kebersihan kaca batok lampu dan reflektor. Sebab kalau dibiarkan kotor, cahaya yang dipantulkan pun akan ikut meredup.

6.    Mengubah spesifikasi lampu motor
Caranya adalah menurunkan spesifikasi bohlam pada lampu. Untuk motor sistem kelistrikan lampu arus AC (bolak-balik), menurunkan ukuran watt bohlam yang bentuknya sama dengan asli bisa bikin cahaya tambah terang. Sebaliknya kelistrikan arus DC atau searah, Watt bohlam pakai lebih rendah, maka turun pula pencahayaanya. Yang dimaksud kelistrikan AC seperti di motor bebek atau matic keluaran baru dimana lampu utama baru menyala harus didahului mesin hidup. Sedangkan sistem DC banyak diaplikasi motor lawas yang masih menggunakan aki  basah.
Semoga bermanfaat

Sumber :
imajiene.blogspot.com,  motordanmobil.blogspot.com ,iwansatkom.blogspot.com , ocoel22.blogspot.com ,  syahrulariefx.wordpress.com , tabloid Otomotif (edisi 17/XVIII), dll

6 komentar:

martono ono mengatakan...

gan ane mau tanya motor ane k-blitz R lampu depan kurang terang gimana caranya gan biar terang kaya HID gan satu lagi gan lampu indikator ane yg dekat ko redup ya gan tolng penjelasannya gan..?

Puji Anto mengatakan...

Assalamu a'laikum gan salam kenal dr puji di kediri.Begini gan masalah 2 kiprok 1 motor,(kiprok A & kiprok B) yg ane liat di gambar bahwa kutup 1A & B ke +accu,3A ke spul lampu,3B ke pengisian,4A&B ke massa.Yg ingin ane tanyakan yg ke bohlam yg mana? Trims.

elektronika mengatakan...

ini untuk kiprok honda kan mas?? semisal grand / legenda y?? soalnya saya blm tau urutan pin nya

yogi andika mengatakan...

om

frog gozilaa mengatakan...

Ya kaya gitu gan.tkhs

frog gozilaa mengatakan...

Ya kaya gitu gan.tkhs