*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 25 April 2013

Tips : atasi lampu motor yg redup (1dr 2)



Kita umumnya mempunyai motor kesayangan. Walau tiap tahun banyak merk motor hadir dipasaran dg asesoris yg makin canggih, namun kita masih setia dgn motor lawas kesayangan,  bahkan ada yg berumur lebih  20 th loh . Ada sesuatu yg bikin kita setia dg motor lawas itu. Walaupun dari segi performance tak sebaik motor baru. Banyak cara kita lakukan sbg ujud rasa sayang ke perangkat lawas ini seperti merawatnya, pokoknya yg terbaiklah bagi motor ini. Namun  dg berjalannya waktu, pemakaian dst, performance motor menurun. Misalnya saja redupnya kemampuan lampu depan untuk penerangan. Suatu ketika kita ingin touring malam hari, untuk itu perlu lampu motor yg prima, alasan utama untuk Safety dan juga kenyamanan berkendaraan malam .
Untuk mengatasi masalah pencahayaan , ada baiknya  kita memahami  dulu sistem kelistrikan motor kita sehingga mengetahui kemungkinan apa yg menjadi penyebabnya. Bisa saja  pada baterai , bisa jadi   tidak berfungsinya sistem recharge pada aki, atau  sistem kelistrikan motor yg sudah usang. Untuk itulah kita ngomongin dulu sistem kelistrikan pada motor.


Sistem Kelistrikan pada sepeda motor merupakan modal agar bisa motor berfungsi sebagai alat transportasi. Dengan adanya sistim kelistrikan tersebut maka fungsi mekanik lainnya bisa bersinergi bergerak. Kelistrikan sepeda motor mempunyai dua fungsi, yaitu untuk kelistrikan itu sendiri dan pengapian. Input dari dua fungsi tersebut adalah sama, kemudian dibagi menjadi dua untuk menjalankan fungsinya masing-masing dengan cara memisahkan kabel-kabel yang berwarna tertentu.

Input dari kelistrikan adalah arus listrik yang dihasilkan oleh Alternator. Alternator ini bekerja seperti Generator arus AC. Arus dari Alternator akan diteruskan ke Rectifier atau penyearah arus, arus AC dari alternator akan diubah menjadi arus DC yang kemudian digunakan untuk fungsi kelistrikan dan pengapian dari sepeda motor. Kelistrikan nantinya akan mengalir ke aki kemudian saklar dan akhirnya ke lampu – lampu. Sedangkan Pengapian akan mengalir ke aki dan CDI/ECM kemudian ke Coil dan akhirnya ke busi.

Komponen Kelistrikan Sepeda Motor
1.  Spool Koil dan Regulator,
Komponen utama  kelistrikan sepeda motor terdiri atas spool (spuel, spul) koil yg ada dalam kumparan magnetic. Spool koil ini biasanya terletak di sisi kiri dari mesin sepeda motor. Spool koil juga biasa dinamai Alternator yg merupakan sumber arus listrik pada sepeda motor yg bekerja berdasarkan magnet dan gaya gerak listrik. Pada saat mesin dijalankan dengan bahan bakar bensin , maka putaran mesin akan juga memutar alternator. 



Jadi alternator merupakan  satu komponen dari sistem pengisian yg berfungsi untuk merubah energi mekanis yang dihasilkan dari mesin menjadi energi listrik. Energi mekanik dari mesin disalurkan sebuah sebuah pully yg memutarkan rotor dan menghasilkan arus listrik bolak–balik pada stator. Jadi pada saat bekerja (beputar) , maka alternator akan berkerja untuk menghasilkan arus listrik.





Arus yang dihasilkan alternator berupa arus AC (Alternating Current), sedangkan yang bekerja pada kelistrikan dan pengapian adalah arus DC (Direct Current).Jadi Fungsi spool koil ini adalah sebagai pembangkit tenaga listrik sepeda motor.






 Komponen selanjutnya adalah Rectifier atau regulator atau dalam bahasa bengkel sering disebut kiprok.  Adapun Tugas regulator ini adalah mengatur, menstabilkan  dan mengubah AC yang dihasilkan alternator menjadi 12 Volt DC. Sehingga dari tegangan 12 volt DC ini kemudian dipakai untuk fungsi lampu penerangan, klakson, flaser, CDI dan pengisian accu sebagai buffer sumber listrik sepeda motor tersebut.
 
 2.  Baterai/Accu dan Sekering
Komponen berikutnya adalah baterai (accu, aki). Baterai merupakan media elektro kimia yang berfungsi untuk mensuplai listrik ke sistem starter, sistem pengapian, assesoris kendaraan, sistem kelistrikan bodi dan peralatan lainnya, juga berfungsi menyimpan energi listrik ketika mesin berhenti.
Alat ini  menyimpan listrik dalam bentuk energi kimia, yang dikeluarkan bila terdapat sistem yang membutuhkan energi listrik. Karena mensuplai kebutuhan listrik secara terus menerus, maka energi kimia yang tersimpan dalam baterai juga akan berkurang, atau bahkan bisa habis.



 Jadi Baterai ini berfungsi penyimpan suplai dari sumber listrik sepeda motor. Type accu  ini ada 2 macam. Ada accu kering dan acuu basah. Untuk sepeda motor usia tua (sekitar 1990-an masih menggunakan accu basah). Sedangkan sepeda motor tahun 2000-an ke atas sudah menggunakan accu kering yang mempunyai keunggulan free maintenance.  Untuk accu basah harus rutin melakukan pengecekan berkala terhadap level air accunya ,jangan sampai  habis air accunya, karena jika sampai kering maka accu tersebut akan rusak.



Komponen kelistrikan pendukung  baterei adalah sekering. Sekering ini dipasang sebelum daya masuk ke accu. Sekering berfungsi membatasi daya yang masuk dari alternator lewat  regulator ke accu akibat over voltage atau konsleting komponen lain. Jika terjadikelainan kelistrikan maka sekering akan putus.

3.  Kabel
Komponen utama kelistrikan lainnya adalah kabel. Kabel ini berfungsi menghubungkan listrik dari komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya. Pada setiap sepeda motor mempunyai ciri-ciri warna tersendiri untuk membedakan antara muatan positif dan muatan negatif. Di dalam kelistrikan, beda antara muatan positif dan negatif ini sangat penting sekali, jika kita salah pasang bisa berakibat kebakaran dalam kelistrikan sepeda motor tsb.

Bersambung .......
Sumber : imajiene.blogspot.com,  motordanmobil.blogspot.com ,iwansatkom.blogspot.com , ocoel22.blogspot.com ,  syahrulariefx.wordpress.com , tabloid Otomotif (edisi 17/XVIII), dll
  

Tidak ada komentar: