*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Jumat, 06 April 2012

Tips : Starter mobil


Dewasa ini makin banyak peranti-peranti baru pada mobil dan biasanya dapat dilihat di dasbor seperti pada speedometer saat akan di starter. Bila anda ingin menstarter mobil pastikan anak kunci yang anda masukkan anda putar ke posisi ON lalu biasanya terlihat beberapa lampu indikator seperti lampu ABS, EPS, gambar airbag, dll. Tunggu sesaat sampai lampu-lampu indikator tersebut mati dengan sendirinya, setelah itu anda boleh menstart mobil anda.  Jangan langsung langsung menstart mobil anda, kemungkinan untuk cepat rusak semakin besar.


Jadi secara umumCara Start Mesin adalah pertama tarik rem tangan atau rem parkir sepenuhnya,  matikan semua lampu atau aksesoris yang tidak di gunakan , untuk transmisi manual: Tekan pedal kopling sepenuhnya dan pindahkan tuas transmisi ke posisi netral, tahan pedal kopling hingga mesin hidup.  Untuk transmisi otomatis: Posisikan tuas ke "P" bila anda ingin menghidupkan mesin ketika kendaraan berjalan, posisikan tuas ke "N" Alat pengaman starter akan mencegah starter  bekerja apabila tuas berada pada semua posisi di mana kendaraan akan bergerak.

Prosedur start normal multiport fuel injection syistem atau sequential multiport fuel injection syistem pada mesin mobil anda secara otomatis mengontrol udara-bahan bakar dengan benar untuk proses start. anda dapat melakukan start mesin dingin atau panas . Yaitu kaki anda bebas dari pedal gas, hidupkan mesin dengan memutar kunci kontak ke posisi START, lepaskan kunci kontak apabila mesin sudah hidup.
Mesin harus di hangatkan dengan cara mengendarainya, tidak dalam keadaan idle. untuk menghangatkan kendaraan dengan lembut sampai temperatur air pendingin berada dalam rentang normal.
Adapaun yang perlu  d perhatikan sebelum start adalah sbb
1.    perikasa area di sekitar kendaraan sebelum memasuki kendaraan
2.    Atur tempat duduk, sudut sandaran tempat duduk dan ketinggian kepala.
3.    Atur posisi kaca spion luar dan dalam
4.    Kunci semua pintu
5.    Kenakan sabuk pengaman

Sebenarnya bagaimana sih proses star mesin kendaraan kita

Pengapian konvensional ditandai dengan digunakannya platina sebagai trigger atau pemantik.
Secara sederhana skematik diagramnya adalah seperti di bawah ini :
Pengapian di mulai ketika kita memposisikan kunci kontak pada posisi on, kemudian memutarnya lagi pada posisi starter.
Pada saat kita memutar kunci kontak pada posisi on ,  koil mendapat supply arus  positif (+)  dari aki. Kemudian ketika kita menstart mobil kita maka akan terjadi buka tutup kontak point dari platina.
Buka dan tutup nya kontak poin dari platina ini di atur oleh cam delco yang memiliki jumlah sisi sesuai dengan jumlah silinder pada kendaraan anda. Misalnya mesin dengan 3 silinder maka cam ini memiliki 3 sudut...dst.

Ketika Kontak poin dari platina terbuka maka koil tidak mendapatkan supply arus negatif (-) dari ground/aki.  Sebaliknya ketika kontak poin menutup maka koil akan di supply arus negatif (-) dari ground/aki.

Ketika koil telah mendapat sumber arus (+) dan (-) maka dapat dikatakan koil dalam posisi aktif. Apa yang terjadi saat koil ada di posisi aktf ?
Pada saat itulah terjadi apa yang dinamakan hukum Faraday,  yang secara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut :

Apabila sebuah magnet kita gerakan diantara kumparan atau gulungan kawat maka seiring dengan pergerakan magnet itu (sebenarnya medan magnet) maka akan dihasilkan listrik pada kumparan tersebut, dan sebaliknya apabila kumparan kawat pada inti besi kita berikan aliran listrik maka kumparan tersebut akan menghasilkan medan magnet.

Dengan kata lain Perubahan medan magnet pada Kumparan akan menghasilkan aliran listri pada kumparan tersebut. Koil mobil yang pada umumnya terdiri dari dua kumparan yaitu kumparan primer (dengan jumlah lilitan sedikit) dan juga kumparan sekunder (dengan jumlah lilitan 100X lipat gulungan Primer). Seperti kita melilitkan seutas benang pada gulungan maka hasilnya pasti akan ada dua ujung yang dapat kita temui nah pada gulungan Primer kedua ujung inilah yang akan muncul kepermukaan koil menjadi terminal + dan - pada kepala koil

Maka seperti yang kita bahas sebelumnya ketika koil aktif artinya terminal + mendapat muatan + dan terminal - mendapat muatan - maka kumparan primer ini akan menimbulkan medan magnet yang akan mempengaruhi kumparan sekunder yang posisinya berada didalam kumparan primer. Syarat agar kumparan kedua dapat melompatkan lisrtik maka sesuai hukum faraday harus ada perubahan medan magnet. perubahan medan magnet ini terjadi seiring dengan buka tutupnya Platina/Points.

Dengan jumlah lilitan yang 100 kali lebih banyak dari pada kumparan primer maka tegangan yang dihasilkan secara mudahnya adalah 100X lipat pula (10.000 an volt).

Tegangan sebesar ini akan mencari sumber massa atau ground atau kutub (-) terdekat untuk bisa dinetralisir. maka dengan adanya kabel busi dan busi itu sendiri yang salah satu sisinya tertanam pada ground terjadi lah lompatan bunga api yang mampu membakar campuran bahan bakar udara pada ruang bakar mesin.

Dalam sistem pengapian platina diperlukan sebuah komponen dengan nama awam adalah kondensor.
Kita sering di suruh montir2 apabila mengganti platina sekalian ganti kondensornya...betul?
apakah fungsi kondensor sebenarnya?
Seperti yang kita bahas diatas bahwa setiap terjadi perubahan medan magnet maka akan menghasilkan tegangan pada kumparan, ternyata selain menghasilkan tegangan pada kumparan sekunder yg diteruskan ke busi, medan magnet yang terjadi pada koil juga menghasilkan tegangan pada kumparan primer itu sendiri. Yaitu sebesar +300V, tegangan sebesar ini terjadi ketika posisi Platina/poits terbuka, apabila tegangan ini tidak di netralisasikan atau digrounded maka akan terjadi lompatan bungan api pada platina kita untuk memaksakan tegangan tersebut untuk ke ground. Apabila ini terjadi maka dalam hitungan menit maka platina kita akan hangus dan habis terbakar.

Disinilah Kondensor mengambil peranan, ketika platina posisi terbuka kondensor menampung sementara tegangan tersebut, kemudian ketika platina menutup lagi tegangan tersebut akan dinetralisir atau di grounded lagi. Kemudian komponen yang berperan terakhir dan cukup penting juga adalah Busi.
Melalui busi dan rotor sebagai pendistri busi sekaligus timing.

Melalui elektroda inti busi (yang di tengah) sumber arus dari koil dengan teggangan tinggi akan di convert menjadi lompatan bunga api ke ground busi (ujung dari busi yang melengkung). Sehingga dengan lompatan ini akan membakar campuran bbm dan udara di dalam ruang bakar. Dan mesin akan berputar (bekerja).

Sedangkan untuk kendaraan dengan sistem CDI  . Secara teknis  hampir sama dengan sistem pengapian konvensional. Perbedaan utama terletak pada sistem trigger atau pemantik dari - koil.
Disini fungsi dari platina dan kondensor di ganti dengan menggunakan sensor hall dan juga rangkaian electronic.

Pada prinsipnya CDI memanfaatkan sebuah sensor yang akan aktif apabila di trigger atau di pantik oleh sesusatu, dalam hal ini sensor akan aktif oleh dadu (cam delco) yang ada di tengah delko kita. Salah satu jenis sensor yang sering digunakan adalah sensor Hall dan juga sistem pulser/pick up coil.

Sensor hall memanfaatkan efek hall yaitu lapisan tipis semikonduktor yang diberi arus listrik (vs) akan menghasilkan beda potensial (vout) akibat terjadi perubahan medan magnet secara tegak lurus.
sistem pulser memanfaatkan hukum Faraday seperti dijelaskan di atas..dimana akan terjadi ggl ketika medan magnet berubah pada sebuah kumparan. Nah pulser akan terdiri dari kumparan yang meliliti sebuah magnet tetap. Kemudian cam/dadu delco yang berputar di dekatnya akan memberikan perubahan medan magnet yang diterima oleh kumparan yang kemudian akan timbul ggl. GGL (Gaya gerak listrik atau sederhananya arus listrik ) ini lah yang akan digunakan sebagai trigger pengganti buka tutupnya platina.

Nah Vout dari IC Hall atau pick up coil ini akan di Perbesar/amplify dengan rangkaian OP amp. atau sejenisnya untuk dapat digunakan sebagai arus Trigger pada kutub - dari koil. Sehingga setiap arus Vout di keluarkan dari IC hall dapat mengaktifkan koil sesuai dengan timing.
Selanjutnya apa yang harus dilakukan bila mobil tak mau distart alias mogok start?
Sebelum Melakukan pemeriksaan , pastikan bahwa anda telah mengikuti prosedur start yang benar, serta pastikan tersedianya bahan bakar.
Apabila lampu menyala, tetapi mesin tidak dapat start, pertanda perlunya penyetelan atau perbaikan. hubungi dealer resmi mobol anda atau bengkel dengan mutu yang baik.
SolusiMobil.com - Beberapa problem bisa menjadi penyebab mesin mobil tak mau distart. Kondisi ini bisa menjadi bencana ketika sangat membutuhkan mobil sebagai alat transportasi. Melakukan perawatan berkala sesuai jadwal dan rutin, dapat terhindar dari bencana itu.
Ada beberapa kemungkinan  mobil anda enggan distart , misalnya  Mesin sama sekali tak mau berputar

Skenario 1. : Anda putar kunci, tapi tidak terjadi apa-apa. Lampu indikator di dasbor tak menyala dan sedikit pun suara tak terdengar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin dan memeriksa aki.

analisa : Bisa jadi aki sudah soak atau ada masalah dengan kabel di sistem starter.  Cobalah melakukan jump start  aki. Jika tidak berguna, Anda harus memanggil mekanik.

Skenario 2: Saat Anda memutar kunci, terdengar suara tek..tek  atau klik  berulang cepat dan lampu petunjuk di dasbor berkedip. Ini penyakit umum dari aki yang sudah melemah. Dengan men-jump start  aki, mesin bisa dihidupkan.

analisis : Tapi jika hal ini sering terjadi, mungkin aki atau alternator mobil Anda sudah jelek. Atau bisa juga hanya v-belt  alternator sudah kendur. Bawalah mobil ke bengkel untuk penggantian aki atau jika perlu menservis alternator.

Skenario 3: Saat Anda memutar kunci, lampu indikator di dasbor menyala tapi tidak terdengar apa pun. Untuk mobil matik, pastikan tuas gigi di posisi Park. Atau coba menstart dengan tuas transmisi di posisi N (netral).

analisa : Jika bertransmisi manual, coba dengan menginjak penuh pedal kopling. Kemungkinan terbesar, ada kerusakan pada sistem starter  atau sirkuit elektrik-nya
bermasalah. Bisa jadi bermasalah pada switch ignition  atau solenoid starter.

Skenario 4 : Lampu petunjuk di dasbor menyala tapi mati lagi begitu kunci diputar ke start dan mesin tak mau berputar saat. Tapi lampu petunjuk perlahan menyala saat kunci kembali ke posisi awal (ACC). Ini juga penyakit umum, berupa koneksi kabel aki yang tidak benar.

Saat kunci diputar ke start, banyak arus listrik yang dipakai hingga dapat memutus koneksi. Begitu kunci dikembalikan ke ACC, koneksi perlahan terhubung lagi. Koneksi itu cukup untuk menyalakan lampu di dasbor, tapi tak cukup kuat untuk menstart. Dengan membersihkan dan mengencangkan kepala aki masalah ini bisa diselesaikan.

Skenario 5: Saat memutar kunci, terdengar suara keras seperti gesekan antar metal. Starter drive  (umum dikenal bendix) atau ring gear flywheel  sudah rusak. Anda bisa mencoba menstart ulang beberapa kali.

Segera hentikan jika muncul suara bising itu. Begitu bisa distart dan mesin menyala, segera bawa ke bengkel untuk perbaikan.

Catatan: Untuk mobil manual, keempat skenario tadi kemungkinan bisa diatasi darurat dengan cara mendorong. [ab]
Tapi sebelum memutar kunci kontak sebaiknya kita pakai prosedeur awal Pemeriksaan yaitu : Periksa bahwa terminal baterai bersih dan kencang , Apabila terminal baterai baik, nyalakan lampu dalam  Apabila nyala lampu meredup, atau padam pada saat start, itu pertanda baterai lemah. anda dapat mencoba start dengan baterai pancingan

Semoga bermanfaat
Allahu a'lam

Sumber : http://www.borneo-drive.com

Tidak ada komentar: