*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Jumat, 06 April 2012

Integrated Services Digital Network


Dewasa ini ada banyak saluran telekomunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet , salahsatunya adalah ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.


ISDN (Integrated Service Digital Network) merupakan layanan teelpon digital berkecepatan tinggi. ISDN memberikan akses internet cepat dengan kecepatan sd 128 kbps. Akses internet melalui saluran ISDN juga memerlukan modem khusus meski sinyal yang ditransmisikan sudah berupa sinyal digital. Dalam hal ini, modem ISDN tidak melakukan konversi sinyal digital ke sinyal analog atau sebaliknya, melainkan hanya memproses sinyal antara komputer dal saluran ISDN.
ISDN dapat digambarkan sebagai jaringan telekomunikasi melalui perombakan jaringan telepon, yang dapat melayani aplikasi suara maupun non suara seperti gambar, data, teks, citra, dan video pada satu jaringan yang sama. 
Teknologi jaringan ini diprakarsai oleh H. Shimada pada suatu pertemuan CCITT tahun 1971. Kemudian, aplikasi ISDN segera terwujud setelah CCITT merekomendasikan standar Red Book (1985) dan standar Blue Book (1988) dalam wujud Narrow Band (N-ISDN). 
Sebelum berkembangnya teknologi  ISDN,  teknologi komunikasi masih mengandalkan jaringan konvensional al :
  1. Jaringan Telepon (PSTN = Public Switched Telephone Network)
  2. Jaringan komunikasi data (PDN = Public Data Network)
  3. Jaringan Telex (PSTX)
Jaringan-jaringan konvensional ini kemudian diintegrasikan  menjadi jaringan digital dengan cara melakukan digitalisasi jaringan . Selanjutnya  jaringan-jaringan yang telah memenuhi konsep Integrated Digital Network diintegrasikan sehingga menjadi IDN. IDN ini adalah embrio pertama menuju langkah  terciptanya ISDN.
 Asal mula munculnya ISDN pita lebar bermula ketika pembuatan trial broadband rampung pada jaringan lokal Bigfon di Berlin pada tahun 1984 hingga kemudian pada tahun yang sama penggunaaan ISDN mulai disosialisasikan ke masyarakat. Sosialisasi ini dimulai oleh CCITT (sekarang ITU), yaitu sebuah organisasi dibawah naungan PBB yang menangani bidang standardisasi telekomunikasi.
ISDN dikembangkan dari modifikasi jaringan telepon , karena  pada dasarnya jaringan telepon  telah tersebar secara luas di dunia sudah menggunakan teknik digital pada bagian transmisi dan switching-nya. 
Jenis ISDN
·         Basic Rate Interface (BRI) terdiri dari dua 64-Kbps B-channels dan satu D-channel untuk transmisi control information.
·          Primary Rate Interface (PRI) terdiri dari 23 B-channels dan satu D-channel (US) atau 30 B-channels dan satu D-channel (Eropa).
·         Versi asli ISDN menggunakan transmisi baseband. Versi lain, disebut B-ISDN, menggunakan broadband dan mendukung data rates sampai 1.5 Mbps. B-ISDN memerlukan kabel fiber optic cables.

Para pemakai juga memiliki akses standar melalui satu set interface pemakai jaringan multiguna standar. ISDN merupakan sebuah bentuk evolusi telepon local loop yang memepertimbangkan jaringan telepon sebagai jaringan terbesar di dunia telekomunikasi.

Di dalam ISDN terdapat dua jenis pelayanan, yaitu:
1.    Basic Rate Inteface (BRI), Integrated Services Digital Network (ISDN) BRI menggunakan layanan-2 teleponi digital yang ditawarkan oleh penyedia layanan telepon regional untuk memberikan layanan WAN global yang bisa digunakan untuk transmisi data. ISDN BRI menawarkan kecepatan koneksi sampai 128 Kbps sementara untuk ISDN PRI memberikan layanan kecepatan sampai 2.048 Mbps (atau 1.554 Mbps).
Jaringan ISDN BRI berisi dua channel 64 Kbps (yang disebut sebagai channel B), dan satu channel 16 Kbps (yang disebut channel D). Channel B untuk mengangkut sinyal-2 data, voice yang di-digital-kan, video yang di-digital-kan. Sementara channel D merupakan channel layanan pengendalian channel. ISDN BRI ini sangat ideal untuk rumahan dan business kecil yang memerlukan data transfer rate lebih tinggi dari standard analog modem tradisional. Suatu ISDN BRI koneksi mendukung dua 64 kbps B-Channels dan satu 16 kbps D-Channel di atas jalur telepon standard. BRI adalah sering disebut " 2B+D" mengacu pada dua B-Channels dan satu D-Channel. D-Channel di atas suatu jalur BRI dapat mendukung kecepatan rendah ( 9.6 kbps) X.25 Data, tetapi ini bukanlah aplikasi yang sangat populer Amerika Serikat.
  1. Primary Rate Interface (PRI), Layanan ISDN PRI umumnya digunakan terutama oleh organisasi besar dengan kebutuhan komunikasi yang besar dan intensif. Suatu koneksi ISDN PRI mendukung 23 64 kbps B-Channels dan satu 64 kbps D-Channel ( atau 23B+D) di atas suatu sirkuit kecepatan tinggi DS1 ( atau T-1). Bentuk PRI di Eropa sedikit berbeda, menggunakan 30B+D. ISDN PRI (Primary Interface) yang menawarkan kecepatan sampai 2,048 Mbps (atau 1,554 Mbps).

Keuntungan ISDN
  1. ISDN menawarkan kecepatan dan kualitas tinggi dalam pengiriman data, bahkan 10 kali lebih cepat disbanding PSTN
  2. Efisien. Dalam satu saluran saja dapat mengirim berbagai jenis layanan (gambar, suara, video) sehingga efisien dalam pemanfaatan waktu
  3. Fleksibel. Single interface dapat untuk terminal bervariasi
  4. Hemat biaya. Hanya membutuhan satu terminal tunggal untuk audio dan video
 Kelemahan
1.    Layanan ini tidak tersedia di semua willayah.
2.    Jarak pelanggan dari sentral tidak boleh melebihi 5,5 km.
3. ISDN Merefeleksikan kebutuhan dan persepsi telepon, bukan komunikasi komputer kecepatan tinggi.
4.    Di perlukan peralatan khusus telephon digital .
5.    Jika ISDN gagal maka telephon juga akan gagal.

Penggunaan komputer personal dan telepon dengan menggunakan layanan ISDN,  banyak keuntungan yang didapat teruatam dalam mengkorporasikan data dalam jumlah besar , suara, video terintegrasi umum dan jaringan data yang bisa dibuat pada semua pemakai dimana waktu akses yang dipakai cepat. ISDN dapat mereduksi keterlambatan pengiriman data, suara, video dapat direduksi.

Namun setiap teknologi pasti ada kelemahannya termasuk  ISDN . Kelemahan yang utama adalah pada sisi bandwith yang ada. Kelemahan ini berpengaruh besar pada aplikasi dasar seperti transfer file, desain grafis komputer, dan komunikasi rumah ke rumah, dalam hal kecepatan masih terbatasi pada bandwith yang tersedia.

bersambung .........

Allahu a'lam 

Sumber : Wikipedia, Wicaksono,Narendam dan Primadhanty,Audi , Sistem Layanan Pesan pada Telepon Genggam GSM dengan Memanfaatkan GPRS dan Web Services Basuki, Mudji: Konfigurasi ISDN(IntegratedService Digital Network, 2006. Artikel Populer IlmuKomputer.Com Telekomunikasi Komputer, Aplikasi Dan Layanan ISDN dari situs elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/telekomunikasi & komputer, dll.

Tidak ada komentar: