*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 11 Maret 2013

Bersyukur itu mudah


Dalam The Hidden Messages in Water (Anthony Robbins-John Gray) dikatakan bhw , kristal air akan bergerak menuju bentuk yg  indah ( menarik) apabila diperdengarkan kata syukur dan cinta dlm bahasa apapun.Syukur, kita tentu menginginkan bisa bersyukur. Namun sungguh berat utk mempraktekkannya dlm kehidupan. Justru rasa syukur itu jarang bermukim di hati kita. Saudaraku, ketahuilah bhw sebenarnya Anda amat layak utk bersyukur.  Dan tidak perlu banyak hal agar bisa bahagia. Kita tidak perlu banyak usaha  utk meraih kebahagiaan. Pada saat kita tidak banyak menuntut , mk saat itulah kebahagiaan akan hadir. Pada saat kita bisa mengendalikan nafsu , mk saat itulah kebebasan dan kedamaian hati akan hadir .
Bahkan Allah menyatakan bhw tidak punya alasan untuk murka kpd hamba-Nya apabila hamba itu bersyukur kepada-Nya. Sebagaimana Firman-Nya , yg artinya ,”  Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri , dan Maha Mengetahui “, (Qs. An-Nisa : 147).Rasa syukur menjadi satu bukti dan bentuk terima kasih kpd Allah SWT,  karena itulah Dia sudah menyiapkan segala sesuatu yg terbaik utk hidup kita.

Jika Anda mempunyai makanan di lemari es, pakaian yang menutup badan, atap di atas kepala, dan tempat untuk tidur, maka Anda lebih kaya daripada 75 persen penduduk dunia. Jika Anda mempunyai tabungan di bank dan uang receh di dompet, maka Anda lebih kaya daripada 92 persen penduduk dunia.

syukur dan sukses,
sangat berkaitan . Dalam the Secret , diceritakan  bahwa  syukur adalah anak tangga mutlak untuk memastikan kesuksesan. Bayangkanlah hal-hal yang Anda dambakan dengan penuh rasa syukur, seakan-akan Anda sudah  enerimanya. Dengan demikian, Anda akan menerimanya segera . Inilah hasil kerja dari hukum tarik-menarik yang universal, memang agak sulit untuk mempercayainya.

Jadi, setiap kali Anda menyebut
bersyukur  atau menyimpan rasa syukur, pada waktu yang sama Anda membekali diri Anda dengan energi-energi positif yang sangat Anda butuhkan untuk menggapai sukses. Tambahan lagi, kata ‘syukur' dan rasa syukur memendam setumpuk manfaat yang lain, di antaranya menyejukkan hati dan memungkinkan Anda menuai hikmah dari berbagai kejadian.

Kita selalu diajarkan melafalkan kata ‘alhamdulillah', ‘puji Tuhan' atau yang sejenis sebanyak-banyaknya -bahkan sampai ribuan kali sehari. Ternyata, ini bukan semata-mata soal kalkulasi pahala. Jauh-jauh hari Yang Maha Kuasa telah merancang ini sebagai modal untuk sukses.

Apalagi
janj Allah dalam kitab-Nya, "Sesungguhnya jika engkau bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan lebih banyak nikmat kepada engkau." Dan tentunya kita yakin bahwa Ia akan menepati janjinya. Akhirnya, janganlah kita cuma pandai meminta. Lengkapi pula dengan bersyukur.

Firman-Nya , yang artinya ,”  Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri , dan Maha Mengetahui “, (Qs. An-Nisa : 147)

Rasa syukur menjadi satu bukti dan bentuk terima kasih kepada Allah SWT,  karena Dia sudah menyiapkan segala sesuatu yang terbaik untuk hidup kita.

Sebagaimana firman-Nya ,yang artinya ,” Dan sungguh , Kami telah memuliakan anak cucu adam , dan Kami angkut mereka di darat dan di laut, dan Kami beri mereka rizki yang baik-baik, dan Kami lebihkan mereka diatas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna ,” (Qs. Al-Isra’ : 70).

Rasa syukur kepada Allah adalah sumber aura positif yang akan tercermin dalam sikap dan ucapan kita. Aura positif tersebut merupakan magnet yang akan menarik segala sesuatu yang positif pula. Sehingga hal itu akan sangat mempengaruhi tingkat mudah dan tidaknya kita menjalani kehidupan ini.

Rasa syukur membuat mental kita bergerak ke arah yang positif. Walaupun seringkali kita  merasa pesimis pada masa depan , ketika  menyadari bahwa kenyataan yang ada jauh dari apa yang diinginkan. Sikap syukur akan mengubah hidup kita. Kekuatan dari sikap syukur adalah, semakin kita bersyukur, semakin kita temukan hal-hal yang patut kita syukuri. 
Ini adalah janji Allah  , sebagaimana dalam firman-Nya , yang artinya ," (itulah) janji Allah . Allah tidak akan menyalahi janji-Nya, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Qs. Ar-Rum : 6).

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:
"Sikapi nikmat Allah dengan cara yang baik sebelum ia pergi darimu. Sesungguhnya nikmat yang pergi itu engkau akan menyaksikannya pada orang yang menyikapinya dengan baik.” (Asy-Syarâi’ 2: 464)

Syukur  akan melipatgandakan kesabaran kita. Deraan cobaan dan tantangan yang ada memang mudah membuat kita lemah, tapi syukur memberi perpektif lain yang melapangkan dada kita untuk bersabar. Energi kesabaran kita menjadi tiada habisnya karena berbahan bakar syukur. Syukur adalah energi terbarukan, yang senantiasa dapat diperbaharui setiap kali kita sadar akan datangnya nikmat Allah. Bahan baku yang kekal karena berasal dari Dzat Yang Kekal.

Confucius, pernah berkata, Person who chases two rabbits catches neither. Seseorang yang mengejar dua ekor kelinci, tidak akan menangkap satu pun.

Saudaraku kita tidak akan bisa mengumpulan rasa syukur dan mengeluh dalam satu ruang hati kita, karena dua hal ini sangat bertentangan Jadi tidak akan mungkin ketemu dalam satu  nampan antara bersyukur dan mengeluh.  Dua hal ini tidak akan berkumpul pada ruang yang sama di dalam hati dan fikiran kita di saat bersamaan. Kita harus memilih mana yang terbaik buat kita.

Saudaraku, apapun hasil yang dicapai, baik yang gagal atau yang berhasil hendaknya selalu bersyukur.  Karena bersyukur tidak memerlukan syarat tertentu, apapun keadaannya, syukur bisa dilakukan.  Karena dengan bersyukur kita akan terhindar dari emosi-emosi negatif ( marah, cemas, depresi, sedih, dan takut ) yang dapat  melemahkan spirit atau semangat dan penghambat dalam meraih sebuah kesuksesan. Saat sukses kita bersyukur, saat gagalpun kita bersyukur. Sesungguhnya kekayaan dan kebahagiaan sejati ada di dalam rasa bersyukur.Andri Wongso  . Dengan bersyukur , kita akan mendapatkan kecukupan dan keberlimpahan .
Berhembuslah-berhembuslah, hai angin musim dingin! Engkau tidak sejahat seperti rasa tidak bersyukur manusia. As You Like It. (William Shakespeare)

Allahu a'lam
sumber : Ippho Santosa, andriewongso.com, dll

Tidak ada komentar: