*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 07 Januari 2013

Tips : Perawatan karpet mobil

Selamat datang musim hujan , ada banyak berkah juga ada tantangan.  Salah satu tantangannya karpet mobil anda  lebih mudah kotor kena lumpur. Jika  ini dibiarkan , mk lumpur  akan mengeras dan  lengket. Sebenarnya karpet bisa menyerap air dlm kabin, namun juga bisa menjadi biang kotor , disamping mengganggu juga tak baik bagi sirkulasi AC dan kesehatan pengemudi.  Awalnya karpet mobil  memang dirancang berfungsi  menyerap udara lembab,  air, debu, tetesan air hujan, air ac yg bocor dll shg kabin mobil tetap kering . Namun jk karpet terus-menerus menyerap air, maka ia sendirilah yg menjadi biang kotor. Noda-noda bekas tetesan air hujan masuk kabin  tak sanggup terserap karpet shg ruang kabin menjadi lebih lembab shg mengakibatkan kaca mobil kusam berkabut . Ditambah lagi orang bergantian  menginjaknya.  Maka sebaiknya rutin membersihkan karpet , agar  kebersihan dan kenyamanan kabin terjaga.Kita memang perlu  menjaga kebersihan karpet mobil secara rutin. Alasan pertama  , karena  debu, asap  atau pasir yg menumpuk di karpet akan tersedot kembali  oleh sirkulasi AC dan  disemburkan lagi ke wajah kita melalui gril AC . Akibatnya udara dalam kabin tak lagi segar.

Alasan lainnya lagi,  karpet yg kotor menjadi penyebab juga   evaporator AC cepat kotor dan mampet filternya, tersumbat. Apalagi  umumhnya letak evaporator AC umumnya di bawah dashboard dan dekat dengan posisi kaki (sepatu ) yang berlumpur .  Tentu saja ini  berakibat menurunkan kinerja pendinginan AC,  AC tak lagi dingin .  Labih lagi  harga evaporator juga mahal terbilang mahal , tak beda jauh dengan harga kompresor .

Nggak usah nunggu timbulnya bau tidak sedap. Segera ambil langkah untuk membersihkannya. Langkah standar  adalah menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu yang menempel di karpet.  Untuk menjaga agar warnanya tidak mudah kusam, karpet dianjurkan agar tidak terkena sinar matahari langsung. Jika karpet tersiram cairan, segera usap dengan kain. Setelah itu, jemur beberapa saat agar benar-benar kering sehingga tidak menimbulkan bau tidak sedap di dalam rumah.

Akhirnya, jika noda masih sulit dibersihkan, sudah saatnya untuk mencuci karpet. Anda bisa menggunakan saja jasa dry cleaning karena lebih  praktis dan mudah.

Namun ingat pula bahwa karpet mobil tentunya terbuat dari bermacam-macam bahan. Umumnya karpet ini terbuat dari karet, atau ada pun pada bagian sisinya diberi lis dari kain. Dan ada juga yang keseluruhannya terselubung dengan kain, bahkan bahan yg berbulu halus.

Untuk karpet dari karet, tentu lebih mudah penanganannya. Cukup  angkat dari mobil lalu semprot dengan air dan gosok. Tambahkan sabun colek juga oke , lalu bilas. Kemudian lap dan keringkan.  Jemur ditempat yang berangin biar cepat kering dan karet tidak rusak kusam terkena matahari langsung.

Untuk karpet beludru , langkah awak tetap pakai Vakum . dan bersihkan lagi dengan lap basah. Lis di sisi karpet karet harus kering benar sebelum masuk kabin .Untuk kotoran yang sulit dibersihkan, seperti minyak atau terkena cipratan cat, bisa menggunakan degreaser. Engine Degreaser bisa juga digunakan.

Sementara untuk karpet yang ada lis dari kain, sedikit berbeda dalam membersihkanya. Lis kainnya ini harus benar-benar kering sebelum diletakkan kembali ke dalam mobil. Sebab jika dimasukkan ke dalam dalam kondisi lembab, akan menyebabkan kabin bau apek. Untuk karpet jenis ini , perlu lebih ribet . Selain memang lebih rentan kotor, karena umumnya lapisan terluarnya seperti beludru rentan menyerap kotor. Anda bisa membersihkan dengan hanya menggunakan vacuum cleaner saja. Bisa dicuci walaupun perlu waktu lebih untuk kering. Hindari digosok keras karena bagian terluarnya akan lebih mudah terkikis. Sebaiknya hanya disedot dengan vacuum cleaner. Jika terlalu kotor, cukup diseka menggunakan chamois atau lap yang agak basah. Lap berulang-ulang hingga kotorannya terangkat. Atau dengan cara lain , anda cukup sediakan interior cleaner dan kain mikrofiber, atau sikat dengan bulu lembut seperti untuk semir sepatu. Agar mudah dan tidak berceceran, semprotkan langsung cairan pembersih pada kain. Cobalah usap sedikit padakarpet beludru dengan arah sama berulang-ulang.
terus usap secara perlahan dengan gerakan searah. Lakukan berulang hingga kotoran terangkat. Setelah selesai, keringkan kembali dengan kain mikrofiber yang berbeda

Sobat, anda tentu pernah mendengar istilah building sick syndrome.  Walaupun karpet sering kita bersihkan dengan vacum cleaner, ternyata ini belum menjamin tuntas  bersih, masih banyak kemungkinan  kotoran ataupun debu turun di bawah karpet.  Nah cara membersihkan yang efektif adalah mencuci dengan posisi tergantung dengan tekanan air yang  tinggi, walaupun sedikit  merepotkan, yah demi kenyamanan dan kesehatan sebaiknya kita lakukan.  Untuk ini anda boleh mempercayakan kepada bengkel langgganan.

Karpet perlu  terus dirawat. Dismaping demi keindahannya, tapi yang lebih penting demi kebersihan dan kesehatan ruang kabin mobil.
Ada beberapa tips ringan untuk anda  :
1.  Coba anda  taburkan sedikit   garam ke atasnya, biarkan selama satu jam. Selanjutnya sedot dengan vacuum cleaner, atau dapat  juga anda menggunakan bedak pembersih karpet, yang banyak tersedia di pasaran.
2.  Atau cara alternatif , yaitu menggosok karpet dengan larutan campuran air dan cuka (10:1). Celupkan spons ke dalam larutan, lalu gosokkan ke karpet. Setelah itu, bilas dengan spons yang sudah dicuci dengan air bersih. Biarkan kering, lalu sedot dengan vacuum cleaner . 
3.  Atau Anda dapat juga menggunakan sikat halus dan air garam. Celupkan sikat ke dalam air garam, kibaskan agar tak membawa banyak air. Setelah itu, sikatlah karpet ke arah yang berlawanan dengan serat bulu karpet. Selanjutnya, jemur atau keringkan, lalu sedot dengan vacuum cleaner agar tidak kembali  lembap.
4.  Atau dapat anda gunakan bubuk baking soda Jika karpet sudah mulai bau apek atau lainnya dan susah dihilangkan, coba anda taburkan bubuk baking soda di atas permukaan karpet. Tunggu sekitar 30 menit, setelah itu keringkan dan bersihkan menggunakan vacuum cleaner.
5.  Selanjutnya  sedot debu pada karpet menggunakan vacuum cleaner minimal dua kali seminggu atau anda juga bisa menaburkan soda kue secukupnya ke permukaan karpet sebelumnya. Biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, sedot dengan vacuum cleaner.
6.  Cuci bersih karpet dengan sabun khusus setidaknya enam bulan sekali
Semoga bermanfaat.

Allahu a’lam
Sumber : kompas.com , mobil.otomotifnet.com,  ideaonline.co.id/iDEA/Tips dll.

Tidak ada komentar: