*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Selasa, 22 Januari 2013

Operating System, OS (2 dr3)


Unix ,Unix dirintis awal dekade 60-an oleh i AT&T Laboratories, General Electric (GE), dan InstitutTeknologi Massachusetts (MIT), didukung oleh  Dephan AS (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA - ARPA). UNIX adl  suatu sistem operasi komputer hasil riset dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service).
UNIX punya keunikan tersendiri , dimana  sistem operasi ini  boleh dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yg mengembangkan UNIX, mengaplikasikan variasi aplikasi versi mereka sendiri sbg pelengkap dalam UNIX. Banyaknya variasi aplikasi tambahan ini menjadikan sistem operasi UNIX mempunyai keunikan dan kandalan yg lebih baik, karena setiap pihak  berupaya untuk memperbaiki kelemahan versi sebelumnya dan menambahkan bahkan memperbaiki aplikasi dengan versi dari temuan mereka.   
  Tabel berikut beberap conto OS  UNIX, dengan berbagai variannya ;

varian UNIX
Dikembangkan oleh (vendor/organisasi)
A/UX
Apple Computer
Domain/X
Apple Computer
Darwin
Apple Computer
CTIX
Convergent Technology
Distrix
Convergent Technology
UniCOS
Cray Research ( Silicon Graphics Incorporated)
DG/UX
Data General Corporation
Digital UNIX
Digital Equipment Corporation (DEC) ( Hewlett-Packard)
Ultrix
Digital Equipment Corporation (DEC) ( Hewlett-Packard)
CLIX
Fairchild Company
HP/UX
Hewlett-Packard
Tru64
Compaq (sekarang bagian dari Hewlett-Packard)
AIX
International Business Machine (IBM) Corporation
Coherent
Mark William Company
XENIX
Microsoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIX
Northern Telecom
UnixWare
Novell Incorporated
SCO UNIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIX
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServer
Santa Cruz Operation (SCO) Corporation
Dynix
Sequent
SINIX
Siemens Corporation/Nixdorf
IRIX
Silicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOS
Stanford Universities Network (SUN)
Solaris
Sun Microsystems Incorporated
OpenSolaris
Sun Microsystems Incorporated
Illumos
Illumos.org
Eunice
The Wollongong Group
Uniplus+
Unisoft Corporation
BSD UNIX
University of California
BSD/I
BSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1
Open Software Foundation
GNU/Linux
Free Software Foundation
GNU/Hurd
Free Software Foundation
FreeBSD

NetBSD

OpenBSD

NextStep

Minix
Vrije Universiteit Amsterdam
Mach
Carnegie Mellon University
UNIX System V
Lucent Technologies (Bell Labs)
QNX
QNX Software Systems
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/IBM
Secara umum sistem operasi UNIX dikenal karena ringan fitur dan kemampuan untuk mengintegrasikan dengan lancar dengan sistem operasi lain.  Hal ini memungkinkan  UNIX  cocok untuk digunakan pada server, workstation dan komputer pribadi. Unix juga berbasiskan program klien-server model yang memungkinkan untuk multi-user interface atau jaringan. Dan Menggunakan utilitas program kecil, sehingga sistem   ini cukup mumpuni untuk  melakukan beberapa tugas dari beberapa pengguna dalam kerangka waktu yang bersamaan.

Hal in bisa dimaklumi karena  sejak  awal  sejarahnya ,  sistem operasi yang  dikembangkan di AT & T Bell Labs  , memang diranacang untuk sistem operasi yang portable, multi-tasking, multi-user, sistem berkas hierarkis dan utilitas. Unix juga  perintis dalam  sistem operasi pertama pemanfaatan file system yang mempunyai kemampuan multi-tasking.

Di Indonesia Unix digunakan sebagai Server aplikasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, Sun Solaris. Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti Sun Solaris yang digunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufaktur dan distribusi. Fungsi Unix sebagai workstation kurang populer mengingat harganya yang mahal.

Karena efisian dalam sistem operasi portable , maka UNIX banyak digemari para  programmer karena:
1.    Mudah pemahaman bahasa di lingkungan programer
2.    User interface yang tidak rumit
3.    Utiliti yang sederhana yang efisien dalam kinerja
4.    Menggunakan sistem file yang hirarkis
5.    Interface yang sederhana dalam format file system
6.    Multi user dan multi processing
7.    Arsitektur yang independen dan teranparasi terhadap user.

Linux,
Linux adalah sistem operasi yang bersifat Open Source , dimana kode sumber Linux dapat dimodifikasis sesuai dengan kondisi pengguna , digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.  Kernel (inti dasar sistem operasi) Linux dikembangkan pertama kali pada tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Kernel Linux selanjutnya menggunakan utility dan library sistem operasi GNU yang telah dikembangkan sejak tahun 1983 oleh Richard Stallman. Maka selanjutnya Linux diberi nama alternatif GNU/Linux sebagai tanda bahwa Linux dikembangkan menggunakan lisensi publik GNU (GPL).

Linus Torvalds,  adalah seorang mahasiswa ahli komputer berkebangsaan Filandia yang  merintis  program  LINUX  mulai dari  versi 0.01. Selanjutnya ia mengembangkannya hingga meluncurlah  versi 0.02.

Linux  memang awalnya diluncurkan  untuk  PC berbasis 386/486 dan kemudian dikembangkan juga untuk mesin-mesin lain.  Dewasa ini  Linux juga compatibel  beroperasi di  sistem  mesin DEC Alpha, SUN Sparcs, M68000 (seperti Atari dan Amiga), MIPS serta PowerPC.  Awalnya Linux bisa berjalan hanya dengan 150MB spasi hard disk, 2 MB RAM tapi secara realistis tentunya dibutuhkan ruang lagi untuk development tools, data dan sebagainya maka dibutuhkan sekitar 250MB spasi hard disk dan 12-16MB RAM. Kebutuhannya tentu akan meningkat  saat disambungkan dengan teknologi  Xwindow dsb.

Sebagai sistem operasi modern Linux  mendukung banyak sekali hardware yang beredar di pasaran tapi beberapa memang tidak didukung karena masalah teknis atau sekelompok sukarelawan sedang sedang mengusahakan driver-nya.


Sebagai Open Source ,  kini Linux  berkembang pesat dengan berbagai  variasi hasil modifikasi berbagai pihak dari berbagaikalangan di seluruhdunia. Sebagai produk open source , makaberkembanglah berbagaivariasi jenis Linux, yang disebutdenganDistro (distribusi).

Dalam Linux distribution (distro Linux ) umumnya sudah termasuk software-software tambahan hasil modifikasi berbagai kalangan  seperti server web, bahasapemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment ;seperti GNOME dan KDE), danpaketaplikasiperkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, danGnumeric.

Habitat tradisional Linux  memang lama dikenal untuk penggunaannya di server. In i perangkat juga mendapat dukungan  raaksasa  komputer  seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard,  IBM,  Novell, Oracle Corporation, Red Hat, Sun Microsystems dst .  Linux juga sanggup bermain di bebrapa  sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, supercomputer. Bahkan  sistem ini juga  kompatibel  seperti dalam  program pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan juga router.

Secara umum  Linux bisa bermain lebih bebas di pasaran komputer dunia  karena Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX .  Faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi juga menjadi andalan  LINUX.

Linux  dikendalikan oleh pengembang dan komunitas penggunanya. Beberapa vendor mengembangkan dan mendanai distribusim ereka sendiri dengan dasarkesukarelaan. Berbagai distro Linux yang ada saat ini tetap menggunakan GNU/Linux sebagai sistem operasi utama, adapun perbedaan distro-distro yang ada hanya terletak pada paket aplikasi komputer dan cara pengelolaan sistemnya,  contohnya Ubuntu   dengan  berbagai variasinya  misalnya  Sabily  (Ubuntu Muslim Edition),  Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE ) , ada juga SuSE, Fedora , BackTrack , Mandriva , Slackware , Debian , PCLinuxOS , Knoppix , Xandros , Sabayon , CentOS , Red Hat , ClearOS , Chromeos

Bersambung .......

Allahu a’lam 
Sumber : Rudi Hidayat  TIK untuk SMA/MA kelas X, Erlangga, William Stalling dalam  Sistem Operasi, Jakarta : Prehallindo 2003 , linux.or.id , http://www. Jaringan komputer.org , http://www.cecep.web.id, http://irdefebrimudhakarta.blogspot.com, http://wikipedia.org dan http://wartawarga.gunadarma.ac.id, dll

Tidak ada komentar: