*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 15 Februari 2010

Tips berkendara di jalan banjir

Kawan, musim selalu berulang. Ketika musim hujan tiba, maka anda akan akrab dengan banjir. Bagi anda pengguna kendaraan bermotor, tentu sudah akrab dengan kondisi jalan tergenang air. Bahkan tidak jarang air yang mengenang menutupi badan jalan, sehingga permukaan jalan menjadi tidak terlihat.
Bagi anda pengendara mobil jenis MPV atau SUV tentu lebih mudah menerjang banjir, karena air intake kendaraan jenis ini relatif lebih tinggi. Bagi anda pengendara kendaraan jenis sedan, perlu perhatian khusus mengingat posisi air intake yang rendah, sehingga rawan kemasukan air.
Anda perlu beberapa tips untuk menghadapi jalanan banjir, agar anda tetap aman dan nyaman berkendara dengan mobil sedan.


Namun apabila terpaksa harus menerjang banjir jalanan , serta terhindar dari bahaya laten mogok dijalan. Anda tidak perlu terlalu risau . Untuk anda ,ada beberapa tips praktis untuk anda pengendara sedan, semoga bermanfaat.;


  1. Gunakan gigi paling rendah dan atur injakan pedal gas untuk menjaga putaran rpm mesin antara 2.000 rpm sd 3.000 rpm (dibawah kecepatan 10 km/jam) untuk menjaga luas permukaan ban yang menapak jalan.

  2. Manfaatkan mobil depan anda , sebagai pembukan jalan bagi kendaraan anda. Jaga jarak aman dengan mobil didepan mobil anda ( sekitar 4 – 5 m). Hal ini untuk mengantisipasi bila tiba-tiba mobil didepan anda mengerem mendadak atau terperosok dalam lubang jalan (selokan).

  3. Sesekali injak pedal rem bila jarak dengan kendaraan dibelakang agak jauh, untuk memastikan rem masih bekerja optimal. Karena banyak kejadian rem tromol yang tersiram air mendadak blong.

  4. Jika kondisi air terus meninggi sehingga gelombang air dari mobil depan diperkirakan dapat masuk ke saringan udara, sebaiknya anda balik saja, berputar cari jalan lain.

  5. Karena apabila air masuk kedalam saringan udara dapat mengakibatkan mesin mogok. Dalam kondisi ini air akan terhisap masuk piston, yang selanjutnya dikompresikan .Dimana sifat air tidak bisa mengerut sebagaimana udara, maka dikawatirkan piston akan patah.

  6. Jika terpaksa mogok, tetaplah tenang lalu coba nyalakan mesin dua atau tiga kali. Jika tetap ngadat, jangan diteruskan, karena hal ini akan membuat aki mobil menjadi drop. Kerusakan akan bertambah parah jika mobil anda sudah dilengkapi dengan perangkat elektronik baru.

  7. Berhentilah ditempat aman dan tunggu hujan mereda, selanjutnya cari lap kering. Buka kap mesin dan keringkat perangkat distributor, koil, busi , kabe busi.Cobalah anda nyalakan lagi mobil anda hinga dua atau tiga kali.

  8. Jika tetap ngadat juga, abut kabel busi dan perhatikan apakah ada genangan air di sekitar busi. Bukalah distributor, panaskan dengan korek yang anda bawa.

  9. Jika aki terlanjur drop,kabel jumper dapat dipakai untuk menjumper dengan mobil lain, perhatikan jangan sampai terbalik dalam menyambungkan kabel-kabelnya ke kutub-kutub aki.

  10. Selalu menyiapkan uang receh secukupnya , untuk tips para polisi cepek atau tukang dorong mobil, yang umumnya banyak berkeliaran di musim banjir, untuk membantu menepikan mobil anda.

Allahu a’lam

Sumber : Algooth Putranto, Bisnis Indonesia.


Tidak ada komentar: