*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 25 November 2009

Tips hemat liburan di Jogja

Jogjakarta, kota besar, modern yang berpadu dengan suasana tradisional kental yang mungkin sulit ditemui di kota-kota lain. Ada sawah , sepeda ditengah kota dst. Anda bisa enjoy berkeliling kota dengan sepeda , becak ataupun kereta kuda. Anda juga bisa memilih transportasi murah meriah ala Jakarta (busway) untuk berkeliling kota. Bagi anda pecinta seni , akan terpuaskan dikota ini. Anda pecinta kuliner, anda bisa memilih banyak ragam makanan disini.
Namun tentu saja tidak ada gading yang tak retak. Dibalik keramahan dan kebersahajaan ini, tentu ada pihak-pihak atau oknum-oknum yang memanfaatkan keuntungan dari ketidaktahuan para wisatawan. Anda harus tetap waspada agar tidak terkuras kantong anda dengan trik mereka. Ada beberapa tips buat anda untuk menikmati suasana jogja dengan anggaran sehemat mungkin

Anda tak perlu berkantong tebal untuk menikmati liburan indah di Jogja . Bagi kita yang berkantong pas-pasan, tidak usah berkecil hati. Memang tidak semua penginapan yang bertarif murah itu nyaman atau sebaliknya tidak semua hotel yang bertarif dan berkelas sesuai dengan selera kita.

Yang murah meriah tersedia banyak di Jogja, tinggal kita sabar dalam mencermatinya. Ada beberapa tips untuk anda , semoga bermanfaat ;




  1. Pilih kawasan yang ingin dikunjungi dan cermati tarifnya. Semakin strategis wilayah dan makin mendekati kawasan favorit (misalnya malioboro) , tentu makin mahal. Anda bisa memilih hotel kelas melati, secara umum kamar standar dengan kipas angin berkisar Rp 100 ribuan , sedangkan dengan fasilitas AC berkisar Rp 150 ribuan. Harga tentu saja bergantung juga pada fasilitas kamar dan luasan kamar.


  2. Untuk hari-hari biasa, dalam arti bukan hari-hari liburan nasional atau musim liburan anak sekolah , biasanya ada harga khusus berkisar antara 30% sd 75% harga hari liburan. Jadi apabila anda ingin lebih berhemat , pilih saja cuti kerja di hari biasa untuk nikmati liburan.


  3. Bila anda berwisata dengan rombongan (10 orang atau lebih) , akan lebih hemat bila memilih wisma atau guesthouse. Wisma umumnya memapunyai fasilitas parker yang luas dan kamar-kamar nya umumnya bisa menampung 6 orang atau lebih.


  4. Cerrmati kebersihan kamar, terutama kamar mandi dan kamar tidur baru failitas lainnya. Di Jogja masih banyak ditemui penginapan dengan toilet model jongkok, dan tidak setiap kita menyukai toilet duduk.


  5. Bagi anda yang menginginkan hotel kelas maleti yang mempunyai fasilitas kolam renang, ada banyak penginapan yang dilengkapi fasilitas ini, seperti Chandra Dewi, Bintang Agung, Gajah , Delta, Sumaryo semua ini ada di jalan Prawirotaman.


  6. Banyak penginapan dengan suasana seperti rumah tangga biasa, bahkan ada yang berada di tengah perkampungan sehingga terasa sekali suasana kekeluargaan. Hotel dengan suasana seperti ini memang menjanjikan suasana wisata yang nyaman.


  7. Bagi anda yang ingin menyewa mobil atau motor , ada banyak pilihan perusahaan sewa mobil tour yogyakarta . Umumnya harga yang di tawarkan relatif sama , atau selisih sekitar 15.000 s/d 50.000. Carilah via internet atau informasi penerangan resmi seperti di wisata yogyakarta. Jangan terpengaruh dengan harga murah. Harga yang lebih mahal memungkinkan perawatan kendaraan yang baik, harga murah bisa jadi perawatan payah (misal suku cadang tidak asli, mesin berat, ban gundul, AC tidak dingin dst) . Pastikan perusahan sewa mobil itu memiliki alamat, kantor dan layanan telp yang jelas.


  8. Pastikan dengan jelas ke perusahan rental mobil tersebut tentang kira kira berapa yang akan anda keluarkan untuk keperluan sewa mobil, pastikan tidak ada hidden cost yang akan muncul nanti. Baca dengan jelas surat perjanjian ( lepas kunci ) atau surat jalan ( dengan sopir) tanyakan ke rental mobil tour wisata jika ada yang belum jelas atau diluar dari hal yang telah di sepakati bersama


  9. Bila anda menginginkan angkutan becak, anda harus hati-hati walaupun anda mendapat sambutan ramah tukang becak. Apalagi bila dia menawarkan harga murah (Rp 10.000 saja) untuk berkeliling. Banyak kejadian para wisatawan terjebak dengan paksaan untuk membeli souvenir di took-toko yang dikunjungi. Karena tukang becak juga mengejar komisi besar dari pemilik took yang anda kunjungi.


  10. Hindari warung lesehan yang banyak tukang ngamen-nya. Ketenangan Anda akan terganggu dengan tukang ngamen yang datang silih berganti.


  11. Usahakan anda berbahasa jawa dalam setiap trnasaksi belanja, untuk menghindari kenaikan harga sememena-mena dari penjual , karena dianggap anda datang dari luar daerah yang belum paham liku-liku Jogja.


Demikian beberapa tips berwisata dengan nyaman di Jogja. Semoga anda menikmati dan hemat anggaran.



Allahu a’lam

Sumber : dari beberapa sumber bacaan.



Tidak ada komentar: