*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 15 Oktober 2008

Tips ringan merawat USB

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Hingga saat ini , produk ringkas ini punya kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.
USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket .
Baru-baru ini perusahaan yang bermarkas di Taiwan tersebut merilis jajaran USB flash disk dengan kapasitas yang semakin lega.Salah satu produk ‘baru’ itu adalah DataTraveler 400, yang datang lengkap dengan software MigoSync. Selain itu hadir pula DataTraveler (DT) 100. Kedua flash disk ini kini juga tersedia dalam kapasitas 16GB. Data Traveler 400 dengan kapasitas 16GB dijual dengan harga kisaran US$ 196, sedangkan DT100 dengan kapasitas sama (16GB) dihargai US$ 85. Sementara itu seri DT110 dijual – tergantung kapasitas – dengan harga kisaran US$ 14 – US$ 44.

Ada beberapa tips, semoga bermanfaat dan menjadi tambahan pengetahuan kita ; antara lain :

  1. Jauhkan dari sumber medan magnet . Sebaiknya hindari menyimpan flash disk berdekatan dengan benda yang mengandung magnet besar, seperti telepon seluler dan TV. Gelombang elektromagnetik dari dua perkakas itu dapat merusak flash disk. Karena itu, sebaiknya tidak menyimpan flash disk dan ponsel dalam satu tas. Atau juga , hindarkan meletakkan barang tersebut di dekat TV.
  2. Sebagaimana peralatan elektronik lain, sebaiknya hindarkan flash disk Anda dari air. Diyakini , air dapat mengilangkan data dalam flash disk Anda. Meski ada beberapa merk yang mengklaim waterproof, menjauhkan flash disk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman. Sebaiknya tidak ambil resiko.
  3. Sebaiknya jangan melupakan untuk melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port usb. Seringkali kita tidak sabaran dan main cabut begitu saja dari port USB komputer. Padahal, cara semacam ini mempengaruhi data-data yang tersimpan. Tetap lakukan prosedur tetap dalam melakukan proses stop atau eject terlebih dulu, kemudian baru mencabutnya. Bila proses stop menjadi sulit, coba shut down saja komputer, baru kemudian cabut USB-nya. Dikuatirkan apabila main cabut saja, bisa menjadikan flash disk rusak, atau juga dapat mempengaruhi file-file data penting.
  4. Menjauhkan perangkat USB dari tempat panas . Jauhkan pula dari terkena sinar matahari langsung. Misalnya seperti meninggalkan flash disk di mobil. Suhu panas dapat mempengaruhi ketahan produk ini.
  5. Usahakan secara rutin memindai ulang flash disk dengan antivirus terbaru. Apabila Anda sering mengambil data dari Internet atau komputer orang lain melalui flash disk, kemungkinan resiko terkontaminasi virus , akan semakin terbuka. Virus bakal merusak data yang tersimpan.
  6. Sebaiknya diminimalisir proses hapus-tulis . Secara umum rata-rata sebuah USB sanggup beroperasai dalam rentang antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis. Jadi usahakan untuk meminimalisir proses tersebut dan juga jangan mengedit langsung dari flash disk.
  7. Hindari Benturan Keras dan Tutuplah selalu USB anda. Udara dan lingkungan yang berdebu , memungkinkan socket flash disk kita kotor . Kondisi ini dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.

Sumber : dari berbagai sumber bacaan.



Tidak ada komentar: