Sahabat
, kali ini kita sambung dg cerita tentang seputer skuter dari negeri
Asia (India) dan skuter dari negeri beruang merah (Rusia dulu Uni Sovyet).
Skuter ternyata tidak hanya dibuat oleh barat (Eropa dan Amerika), namun kepopulerannya
sampai di Asia dan negara-negara timur. Mereka juga memproduksi
skuter-skuter andalan negeri mereka, selamat membaca...
5. India,
Sejarah
Skuter india seakan identik dengan Bachraj Trading Corporation Private Limited. Awalnya, digunakan untuk mengimpor dan menjual kendaraan
roda dua dan tiga di Indiaia. Tahun 1948, Bajaj mulai menjual
rakitan kendaraan roda dua menjadi
kendaraan roda tiga. Perusahaan ini juga mendapat insentif berupa lisensi
manufaktur dari pemerintah India selama
11 tahun. Tahun
1959, perusahaan mulai memproduksi
kendaraan roda dua dan kendaraan roda tiga. Tahun 1960 mulai go publik.
Setelah go
Publik dan dibawah lisensi Piagio , Bajaj meluncurkan produk pertamanya seri
Vespa 150.
Tahun 1971,
mulai memproduksi versi kendaraan angkut
beroda tiga. Selanjutnya meluncurkan skuter seri Bajaj Chetak selanjutnya menjadi kendaraan bermotor yang
populer di India selama puluhan tahun
bahkan dieskpor ke luar negeri. Chetek menjadi kendaraan yang merkayat dan
murah sehingga menjadi kebanggaan keluargg di India.
6.
Rusia,
Pada tahun 1953, Para
insinyur Soviet mulai
merancang produk scooter . Ini
skuter dimaksudkan untuk menuhi kebutuhan sarana transportasi bagi warga
sovyet. Untuk mempercepat proyek ini ,
ditunjuklah perusahaan Vyatka Industri untuk memmulai produksi skuter. Sebenarnya Vyatka Industri adalah pabrik alat-alat keperluan
perang. Mereka menginginkan skuter sekelas Vespa 150 yang punya kulaitas lebih baik dan tahan terhadap cuaca
musim dingin yang keras di Sovyet.
Mulai
tahun 1957, skuter Sovyet mulai diproduksi massal . Skuter ini diberi label Vyatka, yang 15 persen lebih ringan dari Vespa . Adapun nama lengkap skuter ini adalah Moped
"Vyatka". Jeroan skuter ini
dibikin di Vyatskiye Polyansky machine . Para ahli barat menuduh skuter ini sebagai contekan dari
skuter Vespa 150GS 1955 (Italia).
Diyakini
Vyatka mempunyai power yang lebih besar
dari Vespa , lebih tangguh mesinnya , dan
digeber hingga 60 mil
per jam dalam 10 detik .
Sebagaimana Produk andalan militer Sovyet yaitu senapan AK47, Skuter Vyatkan juga mudah dibongkar pasang , dan mudah
dimodifikasi. Dan tidak kalah penting
skuter ini sudah dilengkap fasilitas starter listrik , yang
merupakan teknologi langka saat itu.
Dari tahun 1960 sampai 1975 , Vyatkan
diproduksi lebih dari 1,5 juta unit. Skuter ini seakan
menjadi ikon kendaraan bermotor di negara-negara blok
timur. Slogan andalan Vyatka "Memberikan
kenyamanan senyaman anda mengendarai Mobil dan harga murah selayaknya harga
sebuah sepeda".
Pada Desember 1965,
dirilis versi s skuter - VP-150M. Versi baru telah banyak
direvisi dan kemudian itu disebut
Elektron. Pada akhir 1966, produksi skuter
versi Vyatka EP-150 dihentikan.
Pada tahun 1974, diluncurkan varian baru Vyatka-Electron, yang
sudah dilengkapi dengan pengapian model baru, listrik satu arah, yang para ahli
barat masih menuduh mencontek dari
produsen Jepang. Secara teknis mesin Vyatka
lebih kuat (sampai tp 7.5hps), lebih cepat (hingga 80 kilometer per jam)
dan lebih ekonomis, juga (kurang dari 3litres per 100kms). Harga juga turun
menjadi 280 rubel, yang membuatnya terjangkau untuk kalangan keluarga sederhana.
Bukan hanya Vyatka , ada juga skuter
Rusia yang lain yaitu skuter Tuirst, yang memiliki pabrik di kota Tula, ada
pula Jawa dan Ural, masing-masing
kelebihan dan modelnya
masing-masing.
Skuter "Tula" (Tula Motorzikly
Zavod)
diperkenalkan tahun
1955 , yang sepintas
mirip dengan skuter Jerman ,Heinkel tourist. Skuter Tula mulai banyak digunakan masyarakat
Sovyet sekitar tahun 1960. Tula
juga diproduksi
oleh pabrik militer .
Dibanding i Vyatka , Tula mempunyai bobot lebih
berat dan power yang lebih dasyat. Tula populer di kalangan masyarakat, di mana petani dapat membeli kendaraan
ini lebih murah
karena disubsidi negara. Untuk
memenuhi keinginan para petani
dan peternak, diluncurkanlah varian Tula
Moravey . Bodinya yang besar ini efektif untuk mengangkut ternak, hasil-hasil pertanian
dst.
Spesifikasi Tula model
biasa , memiliki bodi yang lebih berat , namun diyakini stabil ketika berlari kencang.
Beberpa fitur yang bisa diketahui al : kapasitas mesin, 200 cc, gearbox dengan empat kecepatan, berpendingin udara dengan kipas, kekuatan 10 hp (keempat pic di atas), masih menganut tranmisi rantai , seperti sepeda motor normal,
juga dilengkapi dengan starter elektrik.
Skuter ini cukup populer di
kalangan negara-negara timur (sosialis) pada dekade tahun 1950an . Produksi
Tula dihentikan sekitar tahun 1990.
Allahu a’lam
Bersambung.....
Sumber : Nanasemper
VIO 063, ndalorkebo.blogspot.com, badjingan-scooter.blogspot.com , wikipedia,
scooter.com dll
6 komentar:
wow keren.
wow keren.
wow keren.
Hmm.
Keren Banget ,unik asik.
Keren,unik asik.
Posting Komentar