*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 16 Juni 2013

Tips: atasi lampu redup skuter klasik (4 dr 5)



Sahabat , kali ini kita sambung dg cerita tentang seputer skuter dari negeri Asia (India) dan skuter dari negeri beruang merah (Rusia dulu Uni Sovyet). Skuter ternyata tidak hanya dibuat oleh barat  (Eropa dan Amerika), namun kepopulerannya sampai di Asia dan negara-negara timur. Mereka juga memproduksi skuter-skuter andalan negeri mereka, selamat membaca...
5.  India,
Sejarah Skuter india  seakan identik dengan  Bachraj Trading Corporation Private Limited.  Awalnya, digunakan untuk mengimpor dan menjual  kendaraan roda dua dan tiga di Indiaia. Tahun 1948, Bajaj mulai menjual rakitan  kendaraan roda dua menjadi kendaraan roda tiga. Perusahaan ini juga mendapat insentif berupa lisensi manufaktur dari pemerintah  India selama 11 tahun.  Tahun 1959, perusahaan mulai memproduksi kendaraan roda dua dan kendaraan roda tiga. Tahun 1960 mulai go publik. 


Setelah go Publik dan dibawah  lisensi Piagio  , Bajaj meluncurkan produk pertamanya  seri  Vespa 150



Tahun 1971, mulai memproduksi versi  kendaraan angkut beroda tiga.  Selanjutnya  meluncurkan skuter seri  Bajaj Chetak   selanjutnya menjadi kendaraan bermotor yang populer di India  selama puluhan tahun bahkan dieskpor ke luar negeri.   Chetek menjadi kendaraan yang merkayat dan murah sehingga menjadi kebanggaan keluargg di India.
6.  Rusia,
 Pada tahun 1953, Para  insinyur Soviet mulai merancang  produk scooter . Ini skuter  dimaksudkan untuk menuhi  kebutuhan sarana transportasi bagi warga sovyet.   Untuk mempercepat proyek ini , ditunjuklah  perusahaan  Vyatka  Industri  untuk memmulai produksi skuter.   Sebenarnya Vyatka  Industri   adalah pabrik alat-alat keperluan perang.  Mereka menginginkan  skuter sekelas  Vespa 150 yang punya  kulaitas lebih baik dan tahan terhadap cuaca musim dingin yang keras di Sovyet.


Mulai tahun 1957,  skuter Sovyet mulai diproduksi massal  . Skuter ini diberi label  Vyatka,  yang  15 persen lebih ringan dari Vespa .  Adapun   nama lengkap skuter ini adalah  Moped "Vyatka".   Jeroan skuter ini dibikin di   Vyatskiye Polyansky machine .  Para ahli barat  menuduh  skuter ini sebagai  contekan dari  skuter Vespa 150GS 1955 (Italia).
Diyakini Vyatka  mempunyai power yang lebih besar dari Vespa , lebih tangguh mesinnya , dan  digeber hingga  60 mil per jam dalam 10 detik . Sebagaimana Produk andalan militer Sovyet  yaitu senapan AK47, Skuter Vyatkan juga  mudah dibongkar pasang , dan mudah dimodifikasi.  Dan tidak kalah penting skuter ini sudah dilengkap  fasilitas   starter listrik , yang merupakan teknologi langka saat itu.
 Dari tahun 1960 sampai 1975 , Vyatkan diproduksi lebih dari  1,5 juta  unit.  Skuter  ini seakan menjadi  ikon  kendaraan bermotor di negara-negara blok timur.  Slogan andalan Vyatka "Memberikan kenyamanan senyaman anda mengendarai Mobil dan harga murah selayaknya harga sebuah sepeda".

Pada Desember 1965, dirilis versi s skuter - VP-150M. Versi baru telah banyak direvisi dan kemudian itu disebut  Elektron.  Pada akhir 1966, produksi skuter  versi  Vyatka EP-150  dihentikan.

Pada tahun 1974,  diluncurkan varian baru Vyatka-Electron, yang sudah dilengkapi dengan pengapian model baru, listrik satu arah, yang para ahli barat masih menuduh  mencontek dari produsen  Jepang.   Secara teknis  mesin Vyatka  lebih kuat (sampai tp 7.5hps), lebih cepat (hingga 80 kilometer per jam) dan lebih ekonomis, juga (kurang dari 3litres per 100kms). Harga juga turun menjadi 280 rubel, yang membuatnya terjangkau  untuk kalangan keluarga sederhana.
Bukan hanya Vyatka , ada juga skuter Rusia yang lain yaitu skuter Tuirst, yang memiliki pabrik di kota Tula, ada pula Jawa dan Ural, masing-masing  kelebihan dan  modelnya masing-masing.


Skuter  "Tula" (Tula Motorzikly Zavod)  diperkenalkan  tahun 1955  ,  yang sepintas  mirip dengan skuter Jerman ,Heinkel tourist.  Skuter Tula mulai  banyak digunakan  masyarakat  Sovyet   sekitar tahun 1960.  Tula  juga  diproduksi oleh pabrik militer .  Dibanding i Vyatka , Tula mempunyai bobot lebih berat dan power yang lebih dasyat.   Tula populer di kalangan  masyarakat, di mana petani dapat membeli kendaraan ini lebih  murah karena disubsidi negara.   Untuk  memenuhi  keinginan para petani dan peternak, diluncurkanlah  varian Tula Moravey . Bodinya yang besar  ini  efektif  untuk mengangkut ternak, hasil-hasil pertanian dst.  


Spesifikasi  Tula  model  biasa , memiliki bodi yang lebih berat , namun diyakini stabil  ketika berlari kencang. 





 Beberpa fitur yang  bisa diketahui al : kapasitas  mesin, 200 cc, gearbox  dengan empat kecepatan, berpendingin udara dengan kipas, kekuatan  10 hp (keempat pic di atas),  masih menganut tranmisi rantai , seperti sepeda motor normal, juga dilengkapi dengan starter elektrik. 



Skuter ini cukup populer di kalangan negara-negara timur (sosialis) pada dekade tahun 1950an . Produksi Tula dihentikan sekitar tahun  1990.
Allahu a’lam
Bersambung.....
Sumber : Nanasemper VIO 063, ndalorkebo.blogspot.com, badjingan-scooter.blogspot.com , wikipedia, scooter.com dll

7 komentar:

Anonim mengatakan...

wow keren.

Anonim mengatakan...

wow keren.

Anonim mengatakan...

wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow.

Anonim mengatakan...

Hmm.

Anonim mengatakan...

Keren Banget ,unik asik.

Anonim mengatakan...

Keren,unik asik.