*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 02 Juni 2013

Tips: atasi lampu redup skuter klasik (3 dr 5)



Sahabat, kita lanjut dg cerita perkembangan skuter di negeri Paman Sam dan negeri monarki Inggris ya,...
4.  Amerika serikat,
Generasi skuter di benua paman Sam ini ,  dirintis terbitnya pabrikan salsbury motor glide th 1936 di California. Salsbury motor glide milik  bos asal inggris yaitu E Foster Salsbury dan Austin Elmore. Keduanya mengembangkan desain skuter dg jok diatas rangka bodi, mesin terlindung oleh bodi dan bersistem penggerak cvt (countinously variable transmission). Motor glide mulai masuk produksi th 1938, model ini menjadi acuan desain bagi produsen skuter lainnya seperti powell, moto-scoot, cushman, rock-ola bahkan piaggio dan innocenti. Sayang Salsbury  menghentikan produksi skuter th 1948
Selain Salsbury, ada pemain lainnya di AS ,  yaitu Cushman Company dg merk dagang Cushman Auto Glide. Awalnya seh,  Cushman ini adalah designer sekaligus pabrik mesin-mesin kendaraan umum. 



Pada perkembangan awal  Cushman mencoba menawarkan mesin skuter desainnya kepada Salisbury Motor Glide. Namun dengan alasan tertentu pihak Salisbury menolak, sehingga akhirnya Cushman mencoba mengembangkan dan memproduksi sendiri skuter desain mereka.

Dalam promosinya Cushman mengklaim bahwa produknya Auto Glide lebih hemat konsumsi BBM nya dari motor glide. Auto Glide juga mempekenalkan teknologi baru masa itu , yaitu perangkat kopling sentrifugal (seperti motor bebek saat ini) yang lebih maju daripada model cut seperti pada motor glide.

Cushman Auto Glide kemudian berhasil merebut pasar militer AS dengan mengembangkan skuter versi  militer yang dapat diterjunkan  dari pesawat militer kargo dengan parasut.  
Model ini sukses menarik minat Depatemen Pertahanan AS dengan label Cushman Airborne.  Skuter versi militer ini sukses di arena perang Eropa. Kegesitan dan kemampuan  yang prima di medan perang .
Kemampuan yang prima ini skuter di medan perang ini, menjadi sumber  inspirasi bagi pemilik Piagio Italia.  Dari model itu Piagio mengaplikasikan dalam skuer besutannya yang kemudian hari terkenal dengan Vespa-nya.   

Pada akhirnya  , justu skuter Piagio yang dikenal dengan Vespa ini menjadi kendaraan skuter paling populer didunia masa itu.  Dan ironisnya Cushman  malah  memproduksi skuter Vespa dari lisensi Piagio, yang dulu meniru rancangan skuter Cushman.



Produk skuter Cushman dihentikan dari produksi di tahun 1965, setelah itu Cushman justru  memproduksi  Skuter Vespa dibawah lisensi Piagio.


Selain itu, Pabrikan Harley davidson pun turut meramaikan pasar skuter dengan memproduksi Harley Davidson Topper.  Ini skuter terinspirasi dari model   DKW RT 125. Sayang produk Topper kurang direspon oleh pasar Amerika dan Eropa . Topper hanya  diproduksi dari tahun 1960 sampai 1965. 



5.  Inggris ,
Asal anda tahu negara  monarki ini  termasuk  perintis  dalam  memperkenalkan produk skuter . Di awal abad 20 ( tahun 1900an) sebuah perusahaan  alat-alat kendaraan keperluan perang  Skootamota ABC (All British Company), memperkenalkan  cikal bakal motor skuter hasil desain Granville Bradshaw.  


Rancang bangun skuter ini dianggap prktis dan mudah dikendarai bahkan oleh wanita masa itu, yang umumnya  berbusana rok yang panjang  hingga menutup kaki.   Roda kecil membuatnya lebih stabil daripada motor konvensional. Mesin penggerak diletakkan  di atas roda bagian belakang. Antara mesin dan roda masih dihubungkan dengan rantai.
Perangkat lainnya dalah pelana (sadel) yang praktis , kenyamanan berkendara skuter ini terletak pada  footboard yang luas memberikan kenyamanan kaki pengendara.  

Pada masa  itu  Skootamota adalah kendaraan bermotor skuter yang praktis dan nyaman dikendarai terutama bagi kaum wanita dibanding jenis lain.  Namun produk  ABC Skootamota dihentikan sekitar tahun  1922.



Scooter Skootamota  secara teknis mengadopsi  mesin Silinder tunggal Horizontal 123 cc OHV yang terletak di atas roda belakang, kendaraan ini menggunakan rantai sebagai penyalur daya ke roda, roda depan dan belakang menggunakan ukuran 16 “, dan kecepatan tertinggi mencapai 15 mph (24 km / h) . Skuter ini dianggap kendaraan terbaik untuk pengendara wanita  masa itu.

Pabrikan Inggris lainnya yang ikut meramaikan pasar skuter adalah AW Tembok Tyseley, Birmingham. Pabrikan ini adalah pembuat mesin Liberty Skuter. Pabrikan ini juga  mengauisisi  The Jackson Mobil Manufacturing Co termasuk produknya  Reynolds Runabout skuter, pada tahun 1919 . Namun produk skuter ini dihentikan di tahun  1924.



Salah satu skuter  Inggris yang  popularitasnya tak bisa diabaikan  adalah Kenilworth scooter  bermesin 143cc  di era tahun 1920an . Pada era itu skuter Kenilworth,  merupakan skuter klasik pertama yang  dilengkapi dengan   lampu listrik.  Namun  skuter ini masih mengadopsi sistem pengereman manual , layaknya  rem pada sepeda angin .

Skuter ini  juga populer terutama di kalangan wanita  Inggris  masa itu,  karena skuter model ini  mudah dikendarai  dan nyaman bagi wanita yang berbusana rok panjang. Dengan adanya motor model ini ,  partisipasi wanita berkendaraan bermotor  meningkat drastis.  kendaraan  ini amat  ideal  untuk media transportasi bagi mereka.  Skuter ini memiliki silinder 143cc dan kecepatan tertinggi  sekitar  30 km / jam.  Namun  produksi  skuter  Kenilworth  dihentikan  pada   tahun 1924.

Skuter inggris yang juga dikenal luas adalah jenis Unibus Scooter.  Scookter berdimensi  2-stroke (2 langkah)  dan dengan  270 cc one-cylinder engine , 2 gears, berkecepatan maksimal  30 mph , ukuran ban 16" , diproduksi oleh  the Gloucestershire Aircraft Co , disekitar pertangahan tahun 1920.


Pabrikan  The Gloster Aircraft Company, Limited ( GAC) , sejatinya adalah produsen pesawat tempur terkemuka Inggris. Perusahaan ini banyak menghasilkan banyak  jenis pesawat yang menjadi tulang punggung  Royal Air Force (RAF) saat  menghadapi Jerman di PD II ,  seperti, : Grebe, Gladiator, Meteor dan Javelin.
Perusahaan ini juga memproduksi pesawat  jet pertama Inggris  ,  Gloster British  E.28/39, dan  juga memproduksi  pesawat tempur bermesin jet   Meteor,  yg merupakan satu-satunya pesawat jet negara-negara Sekutu untuk melawan Jerman di  Perang Dunia II.

Di negara Inggris ini , pabrikan motor douglas juga turut meramaikan pasar skuter dengan  memproduksi  vespa secara lisensi dari tahun 1951 sampai dengan 1961.



The Douglas company of  Kingswood, Bristol,  sebenarnya  sudah  memulai produksi sepeda motor pada tahun 1907. Pada tahun 1948 perusahaan ini mengalami pailit.  Upaya penyelamatan perusahaan ini dilakukan oleh   Managing Director, Claude McCormack,  dengan  memproduksi skuter  dibawah lisensi  Piaggio di Bristol. Walaupun memproduksi  dibawah lisensi , sebenarnya ini perusahaan membikin sendiri sebagian besar komponen skuter ini.  Produski vespa model ini berhenti pada tahun 1965 dengan tiotal produksi sekitar  126.230 uniti


Pabrikan skuter  British  lainnya  adalah  Triumph Engineering Company. Ini perusahaan   merupakan salah satu anak perusahaan motor legendaris  BSA Group , Birmingham. Pabrikan ini memperkenalkan dengan  julukan  triumph  dengan 2 varianya  triumph tina dan tigress. Tigress kemudian di re-branding menggunakan nama BSA Sunbeam.
Skuter Tigress   atau  BSA Sunbeam skuter  dibekali dengan mesin  250cc empat langakh dan  mesin dua langkah  175cc.  Untuk model  Mesin 250cc dilengkapi dengan  starter  elektrik. Baik Triumph dan BSA Scooter  diproduksi hingga  tahun 1965. Harga cukup heboh waktu itu sekitar  £ 159.



Ada juga skuter iunik dari negeri Inggris, yang bisa jadi tidak banyak diekspose. Skuter  ini  termasuk  dalam keluarga   DKR Defiant motor.  Skuter DKR ini  diproduksi  DKR Scooters Ltd di Wolverhampton , danmulai  turun ke jalanan sekitar tahun  pada tahun 1957.  Performance dengan mesin  150 cc  Villiers (6,3 hp) . Varian lain dari skuter ini aanta lain :  Skuter  Pegasus (148 cc Villiers), Defiant  (197 cc Villiers)  dan Manx (249 cc, twin-cylinder Villiers).  



Pada era tahun 1960an,  DKR  melansir  Skuter  Capella,  dengan model yang lebih proporsional. Namun sayang  produksi skuter DKR dihentikan  sekitar tahun  1966 , karena pasar tidak merespon dengan baik.
Allahu a’lam

Bersambung ...
Sumber : /motosamokat.narod.ru, scuderiavespasvedese.blogspot.com, Nanasemper VIO 063, ndalorkebo.blogspot.com, badjingan-scooter.blogspot.com , wikipedia, scooter.com dll

9 komentar:

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.

Anonim mengatakan...

Wow keren.