Cahaya
lampu mobil yg redup belum tentu karena watt (daya) yg kurang . Jangan terburu
menggantinya dgn daya 90 sd 120 watt. Cukup
kita setia dg daya rekomendasi pabrik.
Lampu halogen dg daya watt tinggi perlu dihindari
, karena
panas yg dihasilkan lebih dasyat shg refletor cepat melepuh, menghitam , buram. Disisi lain gangguan penyinaran juga datang dr headlamp
yg kotor karena kemasukan debu atau embun (air) shg pancaran sinar lampu meredup.
Sahabat, debu (air)
tetap berpotensi menerobos masuk, apalagi saat musim hujan atau karena banjir lewat sela-sela rumah lampu. Inilah biang penyebab lapisan krom lembab shg mengelupas (berkarat) dan kotor shg penyinaran meredup.
Rumah lampu dan perangkatnya, amat berpengaruh pd kualitas penyinaran , mk
perlu rajin dikontrol kebersihannya , jk
tidak , akan menjadikan sebaran cahaya
tidak merata dan tidak optimal. Berikut tips
untuk anda, tentang perawatan headlamp mobil anda, semoga bermanfaat ;
1.
Perlu anda sediakan peralatan seperti Hot air Gun (Hair
Dryer) , tang, obeng (-/+), Palu kecil dan kunci-kunci lain secukupnya.
2.
Adapun fungsi dari
peratalan tersebut adalah bahwa Hair
dryer (Hot Gun) yg biasa dipakai oleh teknisi Kaca Film, sticker dan installer
audio mobil . Anda harus lebih berhati-hati
dalam penggunaan hot gun , karena
umumnya bagian komponen-komponen headlamp umumnya berbahan fiber yang rentan
terhadap panas berlebihan. Peralatan Obeng (+/-) digunakan untuk untuk mencongkel kaca acrylic dan untuk melepas headlamp dari dudukannya.
Sedangkan Sealer bening (lem kaca) nentinya digunakan untuk merekatkan
kembali kaca acrylic setelah proses selesai. Apabila anda menginginkan hasil yang
lebih baik , bisa menggunakan perekat jenis threebond ketimbang sealer bening. Tapi
siap-siap untk merogoh kocek lebih dalam karena pemakaiannya pasti lebih
banyak; sekitar dua kali lipatnya. Sediakan juga perangkat Sealer hitam 1 tube l untuk perekat sekaligus
penutup tambahan sela-sela headlamp dan lampu signsein agar lebih
kedap air. Perlu anda ketahui bahwa
jangan terburu-buru dalam keseluruhan proses , karena batok headlamp umumnya terbuat dari
acrylicmika , dimana bahan ini mudah retak dan tergores dibandingkan batok
headlamp yg berbahan kaca (gelas).
3.
Buka Engine hood (kap mesin mobil), coba anda amati dahulu bagian-bagian yang perlu dibuka. Pastikan posisi baut-baut pemegang headlamp , kearah mana diputar keluar/masuk. Perhitungkan tingkat kesulitan dalam
membukanya, apakah perlu obeng kuat atau lembut. Akan lebih aman , lepaskan dulu kabel-kabel
aki (batere) agar tidak ada arus listrik yang mengalir di mobil. Bukalah grille depan mobil anda , ini agar akses
keluar masuk ke batok lampu lebih mudah
4.
Sahabat, sebaiknya setiap proses kegiatan , anda
mencatatanya terutama tentang urut-urutan cara membukanya. Hal ini dimaksudkan
agar anda tidak lupa tentang proses bagaimana cara memasangnya kembali serta untuk menghindari ada komponen yg terlupa/ tertinggal , kan
tinggal membaca catatan tadi dan membalik prosesnya.
5.
Setelah batok headlamp terlepas bersihkan dulu sisa-sisa
sealant bawaan headlamp baik yg ada di dudukannya maupun yg menempel di
headlampnya (dan sign). Anda bisa gunakan obeng, silet, atau cutter. Usahakan
pembersihannya rata dan menyeluruh agar saat pemasangan kembali nanti bisa
sempurna (rapat).
6.
Untuk mobil anda yg bertipe klasik , umumnya baut-baut
pemegang lampu lebih rapat dan tersembunyi di belakang lampu sein samping. Nah untuk
mempermudah akses membukanya , anda harus membuka lampu sein samping perlu terlebih dahulu. Diingatkan kembali catat urut-urutan
proses , untuk menghindari lupa urutan memasang kembali. Anda perlu lebih konsentrasi , karena bagian
ini umumnya terbuat dari plastik, yang rentan patah. Ada beberapa merk , bahkan tidak menggunakan baut(skrup), melainkan
menggunakan sistem per untuk menahan batok lampu sein pada dudukannya.
7.
setelah kedua lampu terlepas dari dudukannya, buka
terlebih dahulu socket lampu. Coba anda tekan sedikit agar socket dapat terlepas. Selanjutnya anda melepas bohlam Halogen yang terpasang pada
batok lampu, dianjurkan jangan memegang
bagian kaca dari bohlam, mengapa ? karena tangan
dan jari kita mengandung minyak, sehingga penyebaran panas tidak merata di
seluruh bagian bohlam, yang menyebabkan kaca bohlam retak saat menyala..
8.
Panaskan sambungan antara batok lampu dengan kaca(mika)
dengan Hot air gun atau Hairdryer. Anda
perlu sabar dan pastikan panas telah merata sekeliling batok
lampu.
9.
cungkil bagian sambungan antara batok dan kaca/Mika
dengan scrapper/kape. perlahan2, jangan sampai kaca pecah..jika sealant yang
menyekat kedua bagian tersebut sudah mengeras kembali,panaskan kembali seluruh
bagian yang tadi sudah dipanaskan.
10.
Setelah kaca terlepas, cuci kaca/mika dengan shampoo
rambut, karena shampoo lebih lembut dibanding
deterjen . Ini untuk menghindari
goresan atau kusam. Bila cover lampu terbuat dari acrylic, cukup dilap
dengan kain kanebo basah saja.
11.
Kini anda masuk tahap membersihkan bagian dalam batok headlamp. Untuk
yg berbahan kaca bisa gunakan sikat gigi dan shampo rambut . Sedangkan yg
berbahan acrylic cukup dengan lap kanebo basah untuk menghindari batok headlamp
tergores. Jika reflektor mulai berkarat, anda bisa gunakan amplas lembut no. 1000, kemudian lapisi dengan
alumunium foil yang bagian belakangnya berperekat (bisa di dapat di toko2 yang
menjual perlengkapan AC/kulkas
12.
setelah semua beres dan
bersih, anda bisa mulai mengeringkan komponen-pomponen itu dengan lap kanebo.
Untuk bagian reflektor bisa anda gunakan hot air gun/hairdryer untuk
menguapkan sisa2 air yang tertinggal. Jangan terlalu dekat karena bagian2
reflektor dll dapat meleleh karenanya.
13.
Bila telah kering, dudukan acrylic kaca di headlamp dan
lampu sign, gunakan sealant bening threebond yg sudah disiapkan sebelumnya pada
sambungan sekeliling dudukannya. Sebelum
proses merekatkan sebaiknya memanaskan dulu sealant di sekeliling batok
lampu. Tekan perlahan sampai posisi kaca/mika kembali ketempat semula. Pasang
kembali klip2 pemegang batok lampu di posisi semula. Bubuhi agak banyak agar
hasilnya maksimal dan lebih kuat. Setelah itu pasang kembali batok acrylickaca,
jangan lupa kunci kembali klip-klip penahannya.
14.
Sebelum anda masuk proses
memasang kembali bohlam Halogen. Diamkan headlamp yg sudah diproses beberapa
lama untk menunggu sealant threebond kering total. Jangan tergesa-gesa
memasangkannya , kalau perlu liburkan kendaraan anda 1 atau 2 hari untuk
memastikan kering total .
15.
Buka kembali catatan anda waktu proses mencopoti
komponen, sekarang balik proses untuk untuk memasangnya kembali . Pasang semua komponen ,pastikan tidak ada baut
tertinggal.
16.
Lakukan pengecekan apakah lampu jauh (beam) dan lampu dekat serta
lampu senja menyala dengan baik
17.
pasang kembali grille dan mika2 lampu sein/lampu senja.
18.
Oh ya , untuk makin mengoptimalkan penyinaran , anda bisa tambahkan perangkat relay set,
yang berfungsi sebagai penstabil dan
efisiensi jalur kelistrikan lampu dan
memperingan beban switch lampu. Hindari mengganti dengan watt lebih besar ,
karena tindakan ini akan menambah beban panas headlamp mobil anda.
Allahu a’lam
Sumber : kompas.com situsotomotif.com
.kiosban.com,. otomotifnet.com , otomotif.com dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar