*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Sabtu, 23 Februari 2013

tips: merawat rumah lampu mobil anda



Cahaya lampu mobil yg redup belum tentu karena watt (daya) yg kurang . Jangan terburu menggantinya dgn daya  90 sd 120 watt. Cukup kita setia dg daya rekomendasi  pabrik. Lampu halogen dg daya watt tinggi  perlu dihindari ,  karena  panas yg dihasilkan lebih dasyat shg refletor  cepat melepuh, menghitam , buram. Disisi lain gangguan penyinaran juga datang dr headlamp yg kotor karena  kemasukan debu atau embun (air)  shg pancaran sinar lampu meredup.
Sahabat, debu  (air) tetap  berpotensi menerobos masuk,  apalagi saat musim hujan  atau karena banjir lewat sela-sela rumah lampu.  Inilah biang penyebab lapisan krom  lembab shg mengelupas (berkarat) dan  kotor shg penyinaran meredup.
Rumah lampu dan perangkatnya, amat berpengaruh pd kualitas penyinaran , mk perlu  rajin dikontrol kebersihannya , jk tidak , akan  menjadikan sebaran cahaya tidak merata dan tidak optimal. Berikut  tips untuk anda, tentang perawatan headlamp mobil anda, semoga bermanfaat ;

 1.     Perlu anda sediakan peralatan seperti Hot air Gun (Hair Dryer) , tang, obeng (-/+), Palu kecil  dan kunci-kunci lain secukupnya.  
2.     Adapun fungsi dari  peratalan tersebut adalah  bahwa Hair dryer (Hot Gun) yg biasa dipakai oleh teknisi Kaca Film, sticker dan installer audio mobil . Anda harus lebih berhati-hati  dalam penggunaan  hot gun , karena umumnya bagian komponen-komponen headlamp umumnya berbahan fiber yang rentan terhadap panas  berlebihan.   Peralatan Obeng (+/-)  digunakan untuk  untuk mencongkel kaca acrylic dan  untuk melepas headlamp dari dudukannya. Sedangkan  Sealer bening  (lem kaca) nentinya digunakan untuk merekatkan kembali kaca acrylic setelah proses selesai.  Apabila anda menginginkan hasil yang lebih  baik , bisa menggunakan  perekat jenis  threebond ketimbang sealer bening. Tapi siap-siap untk merogoh kocek lebih dalam karena pemakaiannya pasti lebih banyak; sekitar dua kali lipatnya. Sediakan juga perangkat  Sealer hitam 1 tube l untuk perekat sekaligus penutup tambahan   sela-sela headlamp dan lampu signsein agar lebih kedap air. Perlu anda ketahui  bahwa jangan terburu-buru dalam keseluruhan proses , karena  batok headlamp umumnya terbuat dari acrylicmika , dimana  bahan ini  mudah retak dan tergores dibandingkan batok headlamp yg berbahan kaca (gelas).
3.     Buka Engine hood (kap mesin mobil), coba anda  amati dahulu bagian-bagian  yang perlu dibuka. Pastikan posisi  baut-baut  pemegang headlamp , kearah mana diputar keluar/masuk.  Perhitungkan tingkat kesulitan dalam membukanya, apakah perlu obeng kuat atau lembut.  Akan lebih aman , lepaskan dulu kabel-kabel aki (batere) agar tidak ada arus listrik yang mengalir di mobil.  Bukalah  grille depan mobil anda , ini agar akses keluar masuk ke batok lampu lebih mudah
4.     Sahabat, sebaiknya setiap proses kegiatan , anda mencatatanya terutama tentang urut-urutan cara membukanya. Hal ini dimaksudkan agar anda tidak lupa tentang proses  bagaimana cara memasangnya kembali serta untuk menghindari ada komponen yg terlupa/ tertinggal , kan tinggal membaca catatan tadi dan membalik prosesnya.
5.     Setelah batok headlamp terlepas bersihkan dulu sisa-sisa sealant bawaan headlamp baik yg ada di dudukannya maupun yg menempel di headlampnya (dan sign). Anda bisa gunakan obeng, silet, atau cutter. Usahakan pembersihannya rata dan menyeluruh agar saat pemasangan kembali nanti bisa sempurna (rapat).
6.     Untuk mobil anda yg bertipe klasik , umumnya baut-baut pemegang lampu lebih rapat dan tersembunyi  di belakang lampu sein samping. Nah untuk mempermudah akses membukanya , anda harus membuka  lampu sein samping perlu  terlebih dahulu. Diingatkan kembali catat urut-urutan proses , untuk menghindari lupa urutan memasang kembali.  Anda perlu lebih konsentrasi , karena bagian ini umumnya terbuat dari plastik, yang rentan  patah. Ada beberapa merk , bahkan  tidak menggunakan baut(skrup), melainkan menggunakan sistem per untuk menahan batok lampu sein pada dudukannya.
7.     setelah kedua lampu terlepas dari dudukannya, buka terlebih dahulu socket lampu. Coba anda tekan  sedikit agar socket dapat terlepas.  Selanjutnya anda  melepas bohlam Halogen yang terpasang pada batok lampu, dianjurkan jangan  memegang bagian kaca dari bohlam, mengapa ?  karena  tangan dan jari kita mengandung minyak, sehingga penyebaran panas tidak merata di seluruh bagian bohlam, yang menyebabkan kaca bohlam retak saat menyala..
8.     Panaskan sambungan antara batok lampu dengan kaca(mika) dengan Hot air gun atau Hairdryer.  Anda perlu sabar  dan  pastikan panas telah merata sekeliling batok lampu.
9.     cungkil bagian sambungan antara batok dan kaca/Mika dengan scrapper/kape. perlahan2, jangan sampai kaca pecah..jika sealant yang menyekat kedua bagian tersebut sudah mengeras kembali,panaskan kembali seluruh bagian yang tadi sudah dipanaskan.
10.   Setelah kaca terlepas, cuci kaca/mika dengan shampoo rambut, karena shampoo lebih lembut dibanding  deterjen . Ini untuk menghindari  goresan atau kusam. Bila cover lampu terbuat dari acrylic, cukup dilap dengan kain kanebo basah saja.
11.   Kini anda masuk tahap  membersihkan bagian dalam batok headlamp. Untuk yg berbahan kaca bisa gunakan sikat gigi dan shampo rambut . Sedangkan yg berbahan acrylic cukup dengan lap kanebo basah untuk menghindari batok headlamp tergores. Jika reflektor mulai berkarat, anda bisa gunakan  amplas lembut no. 1000, kemudian lapisi dengan alumunium foil yang bagian belakangnya berperekat (bisa di dapat di toko2 yang menjual perlengkapan AC/kulkas
12.   setelah semua beres dan  bersih, anda bisa mulai mengeringkan komponen-pomponen itu dengan lap kanebo.  Untuk bagian reflektor  bisa anda gunakan hot air gun/hairdryer untuk menguapkan sisa2 air yang tertinggal. Jangan terlalu dekat karena bagian2 reflektor dll dapat meleleh karenanya.
13.   Bila telah kering, dudukan acrylic kaca di headlamp dan lampu sign, gunakan sealant bening threebond yg sudah disiapkan sebelumnya pada sambungan sekeliling dudukannya.  Sebelum proses merekatkan  sebaiknya  memanaskan dulu sealant di sekeliling batok lampu. Tekan perlahan sampai posisi kaca/mika kembali ketempat semula. Pasang kembali klip2 pemegang batok lampu di posisi semula. Bubuhi agak banyak agar hasilnya maksimal dan lebih kuat. Setelah itu pasang kembali batok acrylickaca, jangan lupa kunci kembali klip-klip penahannya.
14.   Sebelum anda masuk proses  memasang kembali bohlam Halogen. Diamkan headlamp yg sudah diproses beberapa lama untk menunggu sealant threebond kering total. Jangan tergesa-gesa memasangkannya  , kalau perlu  liburkan kendaraan anda 1 atau 2 hari untuk memastikan  kering total .
15.   Buka kembali catatan anda waktu proses mencopoti komponen, sekarang balik proses untuk untuk memasangnya kembali . Pasang  semua komponen ,pastikan tidak ada baut tertinggal.
16.   Lakukan pengecekan  apakah lampu jauh (beam) dan lampu dekat serta lampu senja menyala dengan baik
17.   pasang kembali grille dan mika2 lampu sein/lampu senja.
18.   Oh ya , untuk makin mengoptimalkan  penyinaran  , anda bisa tambahkan perangkat relay set, yang berfungsi sebagai  penstabil dan efisiensi  jalur kelistrikan lampu dan memperingan beban switch lampu. Hindari mengganti dengan watt lebih besar , karena tindakan ini akan menambah beban panas  headlamp mobil anda.

Allahu a’lam
Sumber : kompas.com situsotomotif.com .kiosban.com,. otomotifnet.com , otomotif.com dll

Tidak ada komentar: