*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 13 Februari 2013

Operating System, OS (3 dr4)



MAC OS (Macintosh Operting System)  merupakan sistem operasi komputer besutan Apple Computer, mulai diperkenalkan ke publik di awal 1984. Macintosh operating system adl sistem operasi yg  ditujukan untuk operasional  notebook Apple macintosh. Mac Os memfokuskan diri pada komputer personal berbasis PowerPC. Mac OS inilah perintis sistem operasi yg memperkenalkan teknologi baru Graphical User Interface – GUI. 
GUI adalah tampilan depan sistem operasi komputer yg menggunakan menu grafis. Menu grafis ini sangat  memudahkan user  dlm mengoperasikannya shg membuat sistem menjadi  user-friendly ,dan nyaman.
Teknologi Mac merupakan integrasi vertikal produk-produk Apple. Apple secara penuh  memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yg terinstal di dlm seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan produk komputer tipe PC lainnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. 

Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple.

Perkembangan teknologi Mac dapat kita telusuri sbb :
a)     System 0.0-1.1,  besutan  tahun 1984  ini adalah versi pertama dari Mac OS classic. Teknologi ini disinyalir sebagai gebrakan baru dijamannya. Mengadopsi teknologi yang dibeli dari Xerox bersama dan ditambah dengan konsep asli Apple sendiri, sistem ini seakan sebagai peletak dasar teknologi  layout GUI , yang akhirnya menjadi basic bagi teknologi OS yang datang.  Sebagaimana habitat dan karekater asli Apple , Macintosh juga menjadi pemain tunggal dalam  perangkat keras yang akan menjalankan Mac OS, tidak dilakukan opern source sebagaimana pemain lainnya.
b)     System versi 2.0-5.x, mulai diperkenalkan tahun 1985 . Walaupun tidak ada loncatan teknologi secara revolusioner dalam versi ini , Namun ada fitur baru yang menjadi andalan versi ini  “MultiFinder”. Aplikasi ini memungkinkan lebih dari satu aplikasi yang akan terbuka sekaligus, sehingga apa yang dikenal sebagai “koperasi” multitasking. Ini barangkali hal baru yang belum ada pemain lain yang berhasil di bidang ini . Para pesaing di pasaran waktu itu masih bertumbu pada teknologi konvensional berbasis Single-Task Finder.
c)     System 6, diperkenalkan mulai  tahun 1988,  Walaupun System 6 masih bertumpu pada pengembangan versi-versi terdahulu, namun Apple jitu dalam pembaharuan pernik-pernik kecil dalam menggaet pasar. Sebagian besar perubahan dalam revisi ini adalah “Under The Hood” dan cukup jitu dalam membidik selera pasar.
d)     System 7,  muncul tahun tahun 1991 . Sebagaimana telah lama ditunggu  pasar dan konsumen loyalnya , System 7  ini memperkenalkan terobosan dan perubahan signifikan dari versi sebelumnya. Ini adalah versi pertama Mac OS dengan warna titlebars / scrollbars. Teknologi ini dengan telak menyingkirkan para pesaing yang masih bertumpu pada proses jadul single-process finder dan membuat MultiFinder Finder. Gebrakan terkenal dari OS ini adalah mempernalkan ikon 256-warna yang lebih bagus, serta dukungan untuk lebih multimedia dengan dukungan Quicktime dan meningkatkan konektivitas internet. Luar biasa strategi versi ini dalam menggebrak pasar.
e)     System 7.5 diperkenalkan pada tahun 1994 . System 7.5  dirilis untuk mempertahankan nama besar versi 7 mengupgrade-nya dengan beberpa pengembangan baru seperti  dalam hal stabilitas dan konektivitas internet. AppleTalk juga diperkenalkan di 7.5. System 7.5.3, untuk meng-update 7.5, adalah OS pertama yang dirujuk sebagai “Mac OS”, bukannya “System” di beberapa tempat, terutama pada layar startup.
f)      System 7.6, muncul di tahun 1997 , Untuk memberi kesan ekslusif dari para pesaing , maka dirilis lah System 7.6 . Dimana ini sistem berbasikan i Mac OS di layar startup. Itu merupakan beberapa fitur kecil, tapi sebagian besar sama dengan 7.5. System 7.6.1 memasukkan interface baru “Platinum”, yang dimodifikasikan dalam  proyek dari Apple Copland.
g)     Mac OS 8, diperkenalkan pada tahun 1997 , Mac OS 8 adalah sistem pertama yang secara global disebut sebagai Mac OS. Terdapat perbaikan di banyak bidang, terutama dalam konektivitas internet dan multimedia. Hal ini untuk menjawab tantangan pasar yang menginginkan  kemudhan dan kecepatan konektifitas . OS ini juga memakai interface ikon baru Platinum, yang diambil dari proyek next-generation Apple OS yang gagal, yang dinamakan Copland. Update baru, Mac OS 8.1, memperkenalkan perbaikan filesystem HFS + dan memiliki installer yang user-friendly. Ini adalah rilis pertama dari Mac OS untuk bundel Microsoft Internet Explorer, yang akan terus dibundel sampai Mac OS X 10.3.
h)     Mac OS 8.5, diperkenalkan pada tahun 1998 , dalam Mac OS 8 sebagian besar fitur versi sebelumnya ditingkatkan di hampir semua bidang. Terutama  perbaikan ikon 32-bit platinum dan sistem tema baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih interface yang disukainya, dan juga termasuk Sherlock, sebuah program untuk mencari di internet dan file lokal. Ini adalah rilis pertama dari Mac OS yang tidak mendukung Mac 68k.
i)       Mac OS 9, diperkenalkan pada tahun 1999 , Mac OS 9 adalah Mac OS 8.6 dengan beberapa perbaikan bug dan Sherlock 2. Sementara kemampuan tema masih ada, semua tema selain Platinum dipindahkan dari instalasi default. Ini adalah versi Mac OS yang pertama kali dirilis untuk mendukung beberapa pengguna.
j)      Mac OS X Public Beta diperkenalkan pada tahun 2000 , Mac OS X Public Beta merupakan tempat menguji Apple OS yang terbaru, yang disebut Mac OS X, yang didasarkan pada NeXTSTEP, sebuah sistem operasi yang diproduksi oleh perusahaan NeXT yang baru-baru ini dibeli Apple. OS ini menggunakan GUI baru dijuluki “Aqua” dan disertai dengan banyak fitur yang ada di Mac OS rilis sebelumnya. Mac OS X bekerja di atas sebuah varian UNIX BSD disebut Darwin daripada core klasik Mac OS. Karena dasar UNIX ini, hal itu memperbolehkan Mac OS untuk memiliki multitasking sejati untuk pertama kalinya. Karena OS ini beta, OS ini bermasalah dan agak tidak stabil.
k)     Mac OS X 10.0 “Cheetah”, diperkenalkan pada tahun 2001 , Mac OS X 10.0 adalah rilis resmi pertama dari Mac OS X. Berubah banyak hal dari OS X Public Beta dan ditambahkan/diubah banyak fitur sebagaimana yang diminta oleh para pengguna Public Beta. Walaupun masih bermasalah, OS ini jauh lebih stabil daripada versi beta.
l)       Mac OS X 10.1 “Puma”, diperkenalkan pada tahun 2001 , Mac OS X 10.1 merupakan suatu rilis bugfix, tetapi Apple berhasil untuk menambahkan beberapa fitur kecil seperti posisi [I]docking[/I]. Ini adalah upgrade gratis bagi siapa saja yang membeli Mac OS X 10.0….
m)   Mac OS X 10.2 “Jaguar”, diperkenalkan pada tahun 2002, Mac OS X 10.2 adalah update besar-besaran, yang memperbaiki ratusan minor bugs, sangat meningkatkan stabilitas, dan umumnya mempercepat seluruh sistem. Aqua menerima makeover kecil di dalamnya, dan beberapa fitur ditambahkan. Kebanyakan menganggap Mac OS X 10.2 sebagai rilis pertama dari OS X yang benar-benar dapat digunakan. Mac OS X 10.2 akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk menggunakan Microsoft Internet Explorer sebagai browser default.
n)     Mac OS X 10.3 “Panther”, diperkenalkan pada tahun 2004 , Mac OS X 10.3 adalah update yang luar biasa; Banyak memandangnya sebagai  upgrade yang paling signifikan ke OS X sampai saat ini. OS ini memakai banyak fitur yang berguna seperti Expose, FileVault, Fast User Switching, iChat AV, dan Finder yang diupdate. Ini juga merupakan update besar untuk Aqua, memberikan yang jauh lebih halus. Versi akan menjadi Mac OS yang terakhir untuk bundel Microsoft Internet Explorer
o)     Mac OS X 10.4 “Tiger”, diperkenalkan pada tahun 2005 , Mac OS X 10.4 memakai fitur-fitur baru seperti Dashboard, Core Image, Safari 2.0, dan all improved Mail. Mayoritas perubahan yang “Under the Hood”, membersihkan, mempercepat, dan memperbaiki hampir setengah dari kerangka yang mendasarinya. Salah satu upgrade andalannya “Spotlight”, sebuah alat pencarian baru yang revolusioner yang mencari melalui bagian dalam file dan metadata mereka secara sangat cepat, menggusur teknologi kalsik file ortodoks. Aqua juga menerima update kecil dalam rilis ini. OS ini akan menjadi Mac OS X yang pertama dirilis publik yang memiliki varian x86 (Intel).
p)     Mac OS X v10.5 “Leopard” ini dirilis pada 26 Oktober 2007 , OS ini disebut oleh Apple “update terbesar dari Mac OS X”. Ini membawa lebih dari 300 fitur baru. Leopard mendukung PowerPC-dan Intel x86 berbasis komputer Macintosh, tetapi dukungan untuk prosesor G3 dilepas dan diperlukan prosesor G4 minimum tingkat clock 867 MHz, dan setidaknya 512 MB RAM yang akan diinstal.
q)     Mac OS X v10.6 “Snow Leopard”, dirilis pada 28 Agustus 2009 , Berbeda dengan strategi penetrasi pasar yang dianut sebelumnya, kali ini Snow Leopard berfokus pada perubahan “Under the Hood”, dengan perbaikan dan efisiensi serta ketahanan serta meningkatkan kinerja, efisiensi, dan stabilitas sistem operasi. Sasaran yang dibidik adalahperbaikan : ruang disk yang membebaskan sistem operasi setelah menginstal yang bersih dibandingkan dengan Mac OS X 10.5 Leopard, Finder yang lebih responsif, Time Machine backup yang lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan user friendly [I]disc-ejects[/I], versi yang lebih kuat dari aplikasi “Preview”, serta browser web Safari yang lebih cepat.
r)      Max OS X 10.7 “Lion”; dirilis  Juli 2011. Dalam tekonologi ini  ada integrasi yang lebih baik antara iOS dan Mac.. Fitur yang ada di Lion  ini ada sekitar 250 fitur baru dan diperbarui. Diklaim dengan OS X 10.7 Lion, user bisa switch antara virtual display dan ‘hardware display’ atau yang terlihat dalam screen di remote system. System Apple Mac OSX Lion 10.7.0 dibikin mempunyai User Interface yang mirip dengan IOS yang dipakai oleh IPhone dan IPad. Dimana Minimun Requirement untuk menjalankan Snow Leopard adalah: Apple Computer with Intel Processor , CPU Intel Core 2 Duo -1 GB RAM-DVD Drive
s)     Mac OS x 10.8 Lion adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac, yang dirancang dan khususk bagi pengguna komputer Macintosh. Mac OS X 10.8 diperkenalkan tahun 2012. Kode nama kali ini adalah Mountain Lion. Beberapa fitur andalan yang ada di sini adalah iMessage, lalu integrasi dengan Twitter dan dukungan lebih baik terhadap iCloud serta terdapat Notification Center seperti pada iOS. Mac OS x 10,8 . Mountain Lion juga diperkuat dengan berbagai keunggulan dan fitur dari generasi terbaru dari versi sebelumnya dari Mac OS 9 dan Mac OS X sistem operasi yang menggunakan kernel BSD yang lebih dikenal dalam jenis Unix. User Interface untuk Mac OS X 10,8 merupakan pengembangan dan perbaikan dari versi sebelumnya, dengan panel atas dan di bawah dock ikon.
Features
antara lain  : Auto-mator, Classic Environment , Dashboard , Disc Burning, Font and Font Book , Networking , Security ,Spotlight, Troubleshooter, Voice over and much more.  Adapun Requirements :  Intel IBM PC, 2 GB of RAM , 30 GB of free Hdd space.  Rilis ini dilaim juga membawa lebih dari 100 fitur baru, termasuk beberapa fitur yang sudah familiar bagi pengguna iOS seperti, pesan, catatan, pengingat, game centaer, notification center, Twitter dan AirPlay Mirroring.

Kawan, masih banyak produk  keluarga OS besutan Macintosh lainnya : Macintosh 128K, Macintosh 512K ,  Macintosh Plus ,  Macintosh II, Macintosh SE , Macintosh Centris, Power Macintosh,Twentieth Anniversary Macintosh ,  iMac ,  iBook, Power Macintosh G4 ,  eMac ,  Xserve, Power Mac G5, iMac G4 ,  iMac G5 , Mac mini ,  MacBook, MacBook Pro dll.

Dari beberapa catatan para pengguna , dapat diberi kesimpulan sementara , walaupun mungkin tidak mewakili penilaian secara keseluruhan namun dapat diberikan gambaran bahwa secara derivatif sistem operasi ini mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya:
  1. Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  2. Sistem Operasi Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, terdapat pusat pelatihan dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS sangat mudah untuk dipelajari.
  3. Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas. Mac memiliki software yang berbayar,  perawatan dan kesediaan software bisa dijangkau, serta kebanyakan reseller bertanggungjawab dalam mengedukasi pengguna.
  4. Stylist, desainnya minimalis tapi sangat powerfull.

Sedangkan kelemahan yang didapatkan dari bebeapa praktek operasional di lapangan :
  1. Premium Brand membentukan spesifikasi Value Mac yang tinggi tinggi. Aksesoris dan spare part terbilang mahal dikelasnya
  2. Cocok untuk Graphic Designer
  3. Mac bersifat eksklusif, tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain.
  4. Dukungan Software di Mac OS tidak begitu lengkap jika dibandingkan dengan Windows.
  5. Kurang cocok untuk aplikasi server dan game

bersambung
Allahu a’lam 
Sumber : Rudi Hidayat  TIK untuk SMA/MA kelas X, Erlangga, William Stalling dalam  Sistem Operasi, Jakarta : Prehallindo 2003 , linux.or.id , http://www. Jaringan komputer.org, http://www.cecep.web.id, http://irdefebrimudhakarta.blogspot.com, http://wikipedia.org dan http://wartawarga.gunadarma.ac.id, http://bungpete.wordpress.com ,   http ://www.apple.com/legal/sla/docs/macosx105.pdf , voh.zakariyasoewardi.co.u

Tidak ada komentar: