*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Rabu, 18 Mei 2011

Your thoughts create beliefs

berhenti-lah berfikir negatif. Sebagian dari kita, berpikir negatif mungkin sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari diri. Mungkin karena ketika hal-hal tidak sesuai rencana, kita akan mudah merasa depresi dan tidak bisa melihat sisi baik dari kejadian tersebut
Pikiran adalah sesuatu yang sangat powerful. Pikiran anda bisa mengantarkan anda kejalan kesuksesan, atau pun ke tempat yang begitu menyedihkan. Jika apa yang ada dalam pikiran anda baik, maka anda akan menjadi lebih baik. Itu pentingnya anda berfikir benar, berpikir baik, berpikir jernih, berpikir optimis, berpikir positif, berpikir bahagia.
Apa yang anda pikirkan, itulah anda. Berpikiran negatif tidak membawa kemana-mana, kecuali membuat perasaan tambah buruk dan tertekan . Kondisi ini akan berakibat performa kita menjadi mengecewakan. Hal ini bisa menjadi lingkaran yang tidak berujung.

Apa yang kita pikirkan setiap hari? Itu adalah kita sendiri!
Anda adalah apa yang anda pikirkan. Anda akan menjadi apa yang sering anda pikirkan. Anda ingin sukses mulailah berpikir dan memikirkan soal kesuksesan. Kenyataan kehidupan anda, kondisi ekonomi anda, kesibukan anda, penampilan anda, apapun yang tampak pada diri anda, adalah sebuah cermin dari keyakinan anda.

Jika anda ingin berubah, ingin memperbaiki diri, ingin lebih sukses dan bahagia, coba lakukan hal sederhana ini, yaitu perhatikan PIKIRAN anda. Perlahan anda akan membuang pikiran negatif dan pesimis yang bisa membawa kehidupan anda pada hal yang tidak anda inginkan. Pikiran bukanlah sebuah hal yang otomatis begitu saja (Auto Pilot), namun hal yang bisa anda kontrol, bisa anda kendalikan. Sekali anda bisa mengendalikan ke arah yang POSITIF, maka tindakan anda akan menjadi positif dan kehidupan anda akan menjadi positif, sukses dan bahagia.

Apakah anda bersedih hari ini ? Ingat! Apakah anda frustasi?

Andalah pilot dari perasaan anda, anda yang harus mengontrol pikiran anda. Andalah satu satunya makluk di planet ini yang memiliki hak dan kemampuan untuk merubahnya menjadi penuh harapan.
Anda sendiri yang mengijinkan pikiran dan perasaan negatif, jika anda tidak mengijinkan untuk bersedih, maka anda tidak akan bersedih, jika anda tidak mengijinkan frustasi, maka anda tidak akan frustasi.

Beri perhatian yang baik pada pikiran anda! Marilah mulai sekarang kita mulai memperhatikan dengan baik, bagaimana kita (anda) berfikir, cara anda berfikir dan arah anda berfikir. Beri perhatian yang cukup pada pemikiran anda, karena pemikiran anda itulah refleksi diri anda, dan refleksi masa depan anda.

Kesadaran anda, bahwa anda bisa mengontrol pikiran anda, bisa memprogram pikiran anda, maka anda akan mulai bisa mengeliminasi hal-hal buruk dan menumbuhkan pikiran-pikiran yang positif. Apakah anda sekarang sedang merasa bersedih, susah, terpuruk, jengkel atau marah?

Coba anda ubah melalui pikiran anda. Kontrol pikiran anda dan mulai rubah. Mulailah memikirkan hal-hal baik, situasi yang baik, kesempatan yang baik, sisi sisi yang baik. Keindahan kehindahan kehidupan, peluang peluang. Kontrol pikiran anda sendiri untuk bersemangat, berfikir hal hal yang mengembirakan. Kontrolah pikiran anda jangan sampai hal negatif mengalahkan anda. Jika pikrian anda negatif, maka anda akan memiliki keyakinan yang negatif, kemudian akan terrefleksi dalam kehidupan anda.

Jessica Padykula menyarankan sembilan teknik untuk mencegah dan mengatasi pikiran negatif yang adalah sebagai berikut:

1. Hidup di saat ini. Memikirkan masa lalu atau masa depan adalah hal yang sering membuat kita cemas. Jarang sekali kita panik karena kejadian masa sekarang. Jika Anda menemukan pikiran anda terkukung dalam apa yang telah terjadi atau apa yang belum terjadi, ingatlah bahwa hanya masa kini yang dapat kita kontrol.
2. Katakan hal positif pada diri sendiri
Katakan pada diri Anda bahwa Anda kuat, Anda mampu. Ucapkan hal tersebut terus-menerus, kapanpun. Terutama, mulailah hari dengan mengatakan hal positif tentang diri sendiri dan hari itu, tidak peduli jika hari itu Anda harus mengambil keputusan sulit ataupun Anda tidak mempercayai apa yang telah Anda katakan pada diri sendiri.
3. Percaya pada kekuatan pikiran positif
Jika Anda berpikir positif, hal-hal positif akan datang dan kesulitan-kesulitan akan terasa lebih ringan. Sebaliknya, jika Anda berpikiran negatif, hal-hal negatif akan menimpa Anda. Hal ini adalah hukum universal, seperti layaknya hukum gravitasi atau pertukaran energi. Tidak akan mudah untuk mengubah pola pikir Anda, namun usahanya sebanding dengan hasil yang bisa Anda petik.
4. Jangan berdiam diri.
Telusuri apa yang membuat Anda berpikiran negatif, perbaiki, dan kembali maju. Jika hal tersebut tidak bisa diperbaiki lagi, berhenti mengeluh dan menyesal karena hal itu hanya akan menghabiskan waktu dan energi Anda, juga membuat Anda merasa tambah buruk. Terimalah apa yang telah terjadi, petik hikmah/pelajaran dari hal tersebut, dan kembali maju.
5. Fokus pada hal-hal positif.
Ketika kita sedang sedang berpikiran negatif, seringkali kita lupa akan apa yang kita miliki dan lebih berfokus pada apa yang tidak kita miliki. Buatlah sebuah jurnal rasa syukur. Tidak masalah waktunya, tiap hari tulislah lima enam hal positif yang terjadi pada hari tersebut. Hal positif itu bisa berupa hal-hal besar ataupun sekadar hal-hal kecil seperti ‘hari ini cerah’ atau ‘makan sore hari ini menakjubkan’. Selama Anda tetap konsisten melakukan kegiatan ini, hal ini mampu mengubah pemikiran negatif Anda menjadi suatu pemikiran positif. Dan ketika Anda mulai merasa berpikiran negatif, baca kembali jurnal tersebut.
6. Bergeraklah
Berolahraga melepaskan endorphin yang mampu membuat perasaaan Anda menjadi lebih baik. Apakah itu sekadar berjalan mengelelingi blok ataupun berlari sepuluh kilometer, aktifitas fisik akan membuat diri kita merasa lebih baik. Ketika Anda merasa down, aktifitas olahraga lima belas menit dapat membuat Anda merasa lebih baik.
7. Hadapi rasa takutmu
Perasaan negatif muncul dari rasa takut, makin takut Anda akan hidup, makin banyak pikiran negatif dalam diri Anda. Jika Anda takut akan sesuatu, lakukan sesuatu itu. Rasa takut adalah bagian dari hidup namun kita memiliki pilihan untuk tidak membiarkan rasa takut menghentikan kita.
8. Coba hal-hal baru
Mencoba hal-hal baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan mengatakan ya pada kehidupan Anda membuka lebih banyak kesempatan untuk bertumbuh. Jauhi pikiran ‘ya, tapi…’. Pengalaman baru, kecil atau besar, membuat hidup terasa lebih menyenangkan dan berguna.
9. Ubah cara pandang
Ketika sesuatu tidak berjalan dengan baik, cari cara untuk melihat hal tersebut dari sudut pandang yang lebih positif. Dalam setiap tantangan terdapat keuntungan, dalam setiap keuntungan terdapat tantangan.

Bersabarlah terhadap semuanya. Karena kemarahan membawa seseorang menuju jalan yang gelap. Selain menjengkelkan dan mengganggu orang lain, kemarahan juga melukai diri sendiri. Kemarahan melemahkan tubuh dan mengganggu pikiran. Kata-kata yang kasar, seperti anak panah yang diluncurkan dari busurnya, tidak dapat ditarik kembali meskipun Anda menawarkan ribuan kata maaf untuk itu.

Beberapa makhluk tertentu tidak dapat melihat pada malam hari, beberapa yang lain tidak dapat melihat pada melihat pada siang hari. Tetapi orang yang terseret dalam kebencian tidak dapat melihat apa pun baik siang atau pun malam.Pikiran adalah teman yang terbaik tetapi dapat dengan mudah menjadi musuh yang terburuk. Beberapa variasi penyakit jantung dan kulit dapat ditelusuri berasal dari penolakan yang bertumpuk, kebencian dan keiri-hatian. Perasaan-perasaan yang menghancurkan semacam itu meracuni hati. Kesemuanya itu mempercepat perkembangan penyakit laten dengan cara mengurangi daya kekebalan tubuh terhadap mikroba.

Berpikir akan menjadi sebuah keyakinan. Apa yang anda pikirkan, akan menjadi apa yang anda yakini. Jika sahabat sukses fokus pada hal yang positif, maka keyakinan anda akan menjadi positif dan perilaku anda akan positif pula.
Allahu a'lam

Sumber : YIC, http://www.d60pc.com , hari subagya www.bisnispartner.com

Tidak ada komentar: