*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 01 Maret 2010

Tips : hemat baterei ponsel I-phone

Perangkat iPhone adalah salah satu gebrakan teknologi telepon. Pertama kali diluncurkan oleh Apple Inc ini memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Ini produk bisa nyambung dengan teknologi internet, misalnya untuk mengirim email, menjelajah web, dan lain-lain. Perangkat klasik lainnya adalah teknologi layar sentuh multi-touch dengan papan ketik virtual dan tombol. iPhone menggabungkan tiga produk dalam satu produk, sebuah ponsel unik dengan widescreen iPod, dan pe-ngembangan perangkat internet dengan kaya HTML email dan desktop-class web browser.
Penggunaan touchscreen menjadikan pengoperasian iPhone tidak bergantung pada stylus pen seperti pada ponsel lain. Penggunaan jari tangan dalam teknologi iPhone memberikan nilai lebih menutupi beberapa keterbatasan iPhone. Pengenalan teknologi pengaksesan GUI (Graphical User Interface) serta kelengkapan fungsi-fungsi multimedia, menjadikan i phone memang berbeda .


Walaupun dikabarkan daya tahan battery iPhone untuk pemakaian konstan dapat bertahan sekitar 2 hari. Namun perlu dipahami bahwa fitur yang beraneka ragam ,cerah dan tajam, serta kelebihan kecepatan dalam koneksi juga fasilitas GPS-nya, semua ini ikut menguras energi listrik baterei.
Sahabatku, anda pengguna iPhone dapat melakukan beberapa trik untuk lebih mem-perlama pemakaian beterei. Anda dapat dengan mudah melakukan setting untuk proses penghematan ini.


Ada beberapa trik menghemat penggunaan beterei untuk anda, semoga bermanfaat ;


  • a. turunkan pencahayaan layar
    Layar iPhone terkenal dengan cahaya yang terang dan tajam. Sebaiknya jangan atur tingkat keterangan ini hingga maksimal (100%). Anda bisa mengaturnnya dalam rentang 10 – 20 % saja. Menu setting ada di [Setting]-[Brightness].

  • b. Non-aktifkan fasilitas Wi-Fi
    Jangan aktifkan terus sinyal Wi-Fi anda, aktifkan jika perlu saja. Anda bisa aktifkan melalui [Setting] > [General] > [Network], lalu atur menu “Enable 3G” ke opsi [OFF].

  • c. Non aktifkan fasilitas bluetooth,
    Seperti halnya perangkat Wi-Fi, fasilitas bluetooth, juga menguras energi baterei iPhone anda. Karena fitur ini makan energi untuk mencari sinyal Bluetooth di area sekitarnya. Untuk menon aktifkan, bisa masuk di tap [setting] > [general] > [bluetooth]. Set opsi bluetooth ke menu [off].

  • d. Hilangkan fasilitas getar,
    Fasilitas ini sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan , maka sebaiknya di off kan saja, untuklebih menghemat baterei.

  • e. Off kan location services,
    Penggunaan fasilitas location services sepert i dalam Google maps atau GPS juga akan berdampak pada ketahanan energi baterei. Jika tak perlu-perlu amat, gak usah gunakan fasilitas ini. [setting] > [general] . pilih OFF pada “location services”.

  • f. Gunakan fasilitas autolock 1 menit,
    Ketika iPhone sedang tidak digunakan, maka iPhone akan secara otomatis mennon aktifkan sendiri. Fasiltas ini diatur dalam waktu tertentu tidak terpakai. Autolock (pengunci layar) akan langsung aktif. Coba klik [setting] > [general] > [autolock]. Terus set interval waktunya.

  • g. Jangan sering tampilkan visual 3D.
    Sahabatku, ada beberapa program iPhone yang menampilkan visual dalam bentuk 3D, seperti games. Begini, dalam proses rendering untuk 3D membutukan energi tambahan dari baterei, sehingga proses ini cukup menyedot baterei. Sebaiknya jangan terlalu sering gunakan fasilitas ini.

  • h. Interval push mail,
    Jika anda sering menggunakan iPhone untuk melakukan push e-mail (melalui fitur fetch/ push data), maka jangan aktifkan fitur ini untuk menarik email setiap saat. Aktifkan kadangkala saja untuk menarik pesan. Anda bisa loh mengaturnya dalam interval waktu tiap 30 menit atau 1 jam. klik [setting] > [mail, contacts, calendars] > [fetch new data]. Atur menu “Push” ke opsi [OFF]. Anda juga bisa mengatur penarikan pesan secaramanual dan mematikan fitur otomatis (auto fetch) , pilih [manually].

  • i. Gunakan airplane mode,
    Mode ini bisa menghemat, karena ponsel tidak terus menerus mencari sinyal selular pada derah-daerah yang sulit mendaptnya sinyal, seperti di daerah terpencil. Dst

  • j. Hilangkan fasilitas equalizer.
    Anda yang hobbi memetar musik player, hindari saja fasilitas fitur ini, bikin boros baterei saja. Coba klik [setting] > [iPod] > [EQ]. Pilih [OFF].

  • k. Jangan pakai banyak aplikasi,
    Kawanku, tentu saja semakin banyak aplikasi di iPhone anda beban baterei juga makin berat.

Semoga bermanfaat, dan selamat menikmati iPhone anda tanpa kuatir baterei cepat habis.


Allahu a’lam
Sumber kutipan : Sinyal, panduan Hape Terlengkap , edisi no.82 th VI Desember 2009.


Tidak ada komentar: