*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 20 Desember 2012

If u’re sad, try to smile. U will feel your mood get better



Smile will help to you up in greater love for each other (Ibu Teresa). Senyum adl satu bentuk kasih awal yg mengilhami mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan. Senyum adl  bahasa universal , dgn senyum mk orang lain bisa mengerti akan ketulusan anda. Semua orang  bisa melakukan . Ia tak butuhkan kecerdasan , tak butuhkan gelar akademis. Semua yg berniat baik dan berusaha tulus bisa melakukan. Namun ego diri dan bisikan kesombongan menghambat anugerah mulia ini. Senyuman membuat hidup menjadi lebih indah dan membuat kita mensyukuri nikmat . Senyuman akan mereduksi rasa putus asa, boring, dan peredam  rasa amarah .

Smiling is a part of our life. A day will not pass by without us managing to smile. Whether it is intentional or unintentional, consciously or unconsciously, it surely brings a different kind of feeling in our being.

Smile is a window of soul. It is easy to do and priceless but it creates a good impression. It also provides a lot of benefits not only to you but also to the person you’ve given a smile. It might sound ridiculous but smile will help you to be more successful. It attracts positive vibes that will make you shine and look completely confident, thus earning you an impression. I’m aware that not everyday we feel like smiling because life isn’t always filled with rainbows and unicorns. Sometimes there are situations that utterly make us sad, but let me remind you that sulking and moping won’t take you anywhere. So instead of frowning all day long, why don’t you try to smile and see the goodness in life. ( Sherina Anne Guce)

 Dengan berusaha tersenyum tulus, maka kita mulai mengubah untuk menuju perilaku yang bisa diteladani. Keteladanan ini akan mengubah keluarga kita , lingkungan kita , sekitar kita. mengubah menuju kebaikan. Melihat dengan hati lebih sakti ketimbang sekedar menatap dengan mata, dan senyuman tulus membuka nurani untuk melihat sesuatu dengan hati.

Rasulullah saw bersabda, "Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah," (HR Muslim).

Seyum adalah sebagian dari sedekah. Semua perbuatan baik adalah sedekah, walaupunn tidak harus berbentuk materiil. Berbicara dengan nada tidak keras, senyum, ramah, dsb.

Senyum yang tulus akan muncul dari hati yang diliputi dengan kesabaran.
 
Firman Allah ,yaqng artinya ” Hai orang-orang yang beriman , jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Qs. Al-Baqarah : 153).

Smiling is a great way to make yourself stand out while helping your body to function better. Smile to improve your health, your stress level, and your attractiveness. Smiling is just one fun way to live longer read about the others and try as many as you can.

Meskipun ringan, senyum merupakan amal kebaikan yang tidak boleh diremehkan. Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun itu hanya bermuka manis saat berjumpa saudaramu.” (HR. Muslim)
 
فهذا جرير -رضي الله عنه- يقول -كما في الصحيحين-: ما حَجَبني رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- منذُ أسملتُ، ولا رآني إلا تَبَسَّم في وجهي.

Diriwayatkan dari Jabir dalam sahih Bukhari dan Muslim, berkata, “Sejak aku masuk Islam, Rasulullah saw tidak pernah menghindar dariku. Dan beliau tidak melihatku kecuali beliau pasti tersenyum kepadaku.

Dari Jabir bin Abdullah r.a katanya:"Rasulullah SAW bersabda "Tiap-tiap perkara yang makruf menjadi sedekah. Antara perkara yang makruf itu ialah hendaklah engkau (semasa) bertemu dengan saudaramu (sesama anak Adam) biarlah dengan muka yang manis dan (kalau ada yang meminta air) hendaklah engkau tuangkan timbamu ke dalam bekas air yang dibawanya." (Hr Ahmad)


Dari Abu Dzar r.a :- Rasulullah s.a.w bersabda : "Senyum kepada saudara (muslim)mu adalah sedekah, menyeru kepada ma'ruf dan melarang dari mungkar adalah sedekah, menunjukkan jalan kepada seseorang yang tersesat jalan adalah sedekah, menolong seorang yang penglihatannya kabur adalah sedekah, menyinkirkan batu-batu, menyingkirkan duri-duri dan tulang (dari jalan) adalah sedekah dan menuangkan air dari timbamu kepada timba saudaramu adalah sedekah". [Hr . At-Tirmizi]

Saudaraku, tersenyum dan bermuka manis adalah Sunnah. Ini  bukan sekadar suatu formalitas atau aktivitas kemanusiaan semata. Tersenyum adalah ibadah. Siapa yang melakukannya maka sesungguhnya Rasulullah telah banyak mencontohkannya.

Mari kita belajar tersenyum tidak hanya kepada orang lain namun juga kepda diri kita sendiri kapan saja, ini akan sangat bermanfaat ketika kita merasa sakit, bosan atau tertekan. Tersenyum (tertawa) dapat melepaskan hormon endorfin kedalam aliran darah, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih bahagia. (opening the door of your heart, ajahan Bram)

Dale Carnegie dalam How to Win Friends and Influence People, bahwa  Wajah merupakan cermin yang tepat bagi perasaan hati seseorang. Wajah yang ceria, penuh senyuman alami, senyum tulus adalah sebaik-baik sarana memperoleh teman dan kerja sama dengan pihak lain. Senyum lebih berharga dibanding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang pria. Dan lebih menarik dari lipstik dan bedak yang menempel di wajah seorang wanita. Senyum bukti cinta tulus dan persahabatan yang murni.”

Senyum adalah bagian dari ibadah.

Wallahu a’lam bish-shawab

Sumber :  iluvislam.com , worldofachic.wordpress.com, ajahn Bram- opening the door of your heart , Dale Carnegie - How to Win Friends and Influence People dll

Tidak ada komentar: