*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 07 Juli 2011

Tips , atasi kendaraan sulit distarter

Kenapa ya, mobil susah distarter? Pusing , nih , ketika tiba-tiba mobil mogok dan susah di starter, padahal sebelumnya lancar-lancar saja . Tentu ada sebabnya. Mobil yang sulit distarter atau mogok bisa terjadi kapan saja dan terjadi mobil jenis apa saja. Bahkan, mobil yang sebelumnya tidak menunjukkan permasalahan sama sekali tiba-tiba sulit distarter sesaat setelah mobil berhenti.
Sulit di-starter atau mesin tidak mau hidup kerap menjadi masalah tersendiri bagi mobil pribadi seseorang, apalagi bila ternyata si pemilik sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat mobil. Seringkali kejadian mati mesin tak jarang terjadi di saat Anda sama sekali tidak mengharapkannya (misalnya menjelang rapat penting, acra penting lainnya).
Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil. Tahap pertama periksa sambungan kabel ke kutub positif atau negatif pada aki. Bila pada sambungan pada kutub tersebut terdapat kerak berwarna putih, biasanya aliran listrik tidak optimal. Untuk itu bersihkan semua kotoran, agar sambungan kabel ke kutubnya bersih dari gangguan.

Cara membersihkannya bisa memakai air panas. Cara lainnya, lepaskan sambungan kabel ke kutub untuk kemudian dihampelas sampai bersih. Tahap berikutnya periksa air aki. Bila kurang ditambah secukupnya. Konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.
Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter,
pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya. Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional.

Sistem kelistrikan mobil terdiri dari beberapa bagian mulai dari sumber listrik yaitu alternator atau biasa disebut dinamo ampere, dinamo starter , aki, serta beberapa rangkain pendukung seperti sekring, serta sistem jaringan kabel.
Bila mobil Anda tiba-tiba mogok atau sulit distarter, maka lakukan beberapa langkah ini :

Periksa kondisi alternator
Satu diantara fungsi peranti ini adalah mengisi arus listrik ke aki. Bila alternator bermasalah maka sistem kelistrikan mobil tidak berfungsi, akibatnya mobil sulit distarter atau mogok.
Cara untuk mengecek kondisi alternator cukup mudah. Cara pertama, Anda bisa melihat panel indikator instrumen yang bergambar aki. Bila gambar tersebut menyala, berarti alternator bermasalah dan sebagainya.
Bila di mobil Anda belum terdapat indikator seperti itu, Anda bisa melakukan cara tradsional. Carilah obel atau kunci pas lalu tempelkan perkakas itu ke pulley alternator.
Bila obeng atau kunci pas itu tertarik, berarti masih ada gaya magnet dan arus listrik. “Artinya alternator masih oke,” ujar Tirtadji.
Namun, bila Anda mempunyai voltmeter dan membawanya, maka pengecekan akan lebih gampang. Pasalnya, Anda cukup menempelkan jarum plus dan minus ke ujung masing-masing sisi alternator.
Arus listrik stndar alternator adalah 13 – 15 volt. Bila kurang dari angka terbawah atau 13 berarti alternator bermasalah. Begitu pula sebaliknya. Bila ternyata alternator tidak bermasalah maka, Anda perlu mengecek kondisi aki.

Periksa aki
Bila mobil Anda masih menggunakan aki basah, cara pengecekan akan jauh lebih mudah. Pertama, perhatikan cairan atau air aki apakah volumenya masih cukup banyak. Bila berkurang maka aki akan tekor, terlebih bila umur aki sudah lebih dari dua tahun.
“Akibatnya mesin sulit distarter,” kata Tirtadji.
Namun, bila aki masih relatif baru dan cairan masih normal. Periksalah kabel di terminal aki, apakah ada kotoran atau kerak. Begitu pula pastikan tidak ada kabel di terminal yang terputus.
Jika kabel tersebut kondisinya masih normal dan tidak bermasalah alihkan perhatian Anda ke sekring. Peranti letaknya di dekat terminal positif aki. Pastikan sekring tidak putus.

Periksa Rangkaian kabel dan socket kunci kontak
Bila sekring lolos dari masalah alias kondisinya masih normal, cobalah memeriksa socket kunci kontak apakah kendor atau tidak. Pasalnya, bila socket kendor maka sambungan arus listrik antara kunci dengan pemantik mesin juga tidak bertemua, akibatnya mesin sulit distarter.

Namun, bila socket ternyata sehat wal afiat alias tidak bermasalah maka perhatian harus Anda alihkan ke dinamo starter.

Platina mungkin sudah tidak baik. Kalo teknologi yang lebih maju, mungkin karena CDI. Kalou masalah CDI, ke bengkel saja karena udah rumit dan sulit ditangani sendiri. Di permukaan atas dari aki ada indikator yang menunjukkan kondisi terakhir dari aki. Bisa nunjukkin kondisi aki bagus/rusak, atau air aki kosong.Kalo udah diperiksa tapi mobil masih tidak bisa dihidupkan, hal itu bisa jadi disebabkan karena platina dan kondensor.
Masalah biasanya pada plat yang terdapat di platina. Kalo tonjolannya sudah kusam berarti berarti tidak bisa menangkap percikan listrik. Supaya platina bisa kembali berfungsi dengan baik, gunakan amplas untuk menghapus debu/flek yang menempel. Bila sudah selesai, pasang kembali pada posisi semula.

Platina yang telah dibersihkan biasanya akan mampu memancing percikan api sehingga kembali besar, Bila tidak, berarti platina sudah tidak bisa dipakai dan harus diganti.Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan boks sekring. Perhatikan apakah sekring yang telah terpasang masih utuh atau tidak. Kalau kawat sambungannya sudah putus, berarti sekring sudah harus diganti. Untuk keadaan darurat, Anda bisa memakai kawat atau serabut kabel untuk dipasang sementara pada sekring tersebut. Hal ini tidak direkomendasikan sebagai solusi permanen, karena itu ganti secepatnya dengan membawa mobil ke bengkel.

Dinamo Starter
Peranti ini adalah dinamo yang digerakkan oleh arus lisrik untuk menghasilkan putaran. Pada saat mesin diaktifkan dengan memutar kunci kontak kea rah ‘on’ maka arus listrik akan mengalir ke bagian starter dan mengaktifkan solonoid.
Selanjutnya solenoid akan mendorong gigi ke roda gila (fly wheel) untuk memutar mesin dan mesin pun akan aktif. Namun, bila dynamo starter bermasalah, maka mesin akan sulit distarter.
Cara untuk mendeteksi kondisi peranti ini cukup mudah. Putar kunci kontak kea rah ‘on’ bila mesin hanya sama sekali tidak menyuara berarti peranti itu bermasalah. Namun, bila masih terdengar suara crekk…crekkk.. tetapi mesin tidak aktif, berarti mesin bermasalah.

Hal terakhir yang biasa menjadi biang keladi mesin mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, tidak bisa tidak, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat. Jangan-jangan, kerusakan bukan hanya pada aki atau platina Anda.

Bila hal itu terjadi, maka alihkan perhatian ke bagian mesin. Beberapa bagian mesin yang perlu Anda periksa bila mesin sulit distarter dan setalah Anda memastikan sistem kelistrikan tidak bermasalah adalah:

Karburator atau injektor bagi mobil keluaran di atas tahun 1990.
Kedua peranti itu berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakal. Sehingga, bila mengalami masalah, maka proses pembakaran juga tidak akan terjadi.Mobil pun mogok.
Cara mendeteksi kondisi karburator lebih mudah ketimbang injektor. Dengan mengamati langsung apakah ada rembesan atau membongkarnya, maka Anda akan tahu kondisi yang sebenarnya. Tetapi kalau injektor harus dilakukan oleh orang yang ahli.

Busi, kabel busi, dan koil
Ketiganya memiliki fungsi yang berkaitan dengan proses pengapian pada mesin khususnya di ruang bakar. Sebab itu, bila ketiga atau satu diantaranya bermasalah maka mesin sulit distarter. Untuk mengecek kondisi peranti itu cukup mudah. Anda bisa membukanya dan menggantinya secara langsung, apakah ada yang ptus, kotor, atau telah aus.

CDI dan Bushing CDI
Capasitor Discharge Igntion (CDI) adalah peranti untuk mengatur waktu api meletik untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang telah dimampatkan oleh piston. Sehingga, bila peranti ini bermasalah maka pembakaran tidak akan terjadi dan mesin mobil pun sulit distarter.
Adapun bushing CDI adalah dudukan pulser atau magnet CDI. Bila dudukan itu bermasalah (misalnya goyang) , maka waktu pengapian juga tidak tepat. Akibatnya mesin sulit distarter. “Untuk mengecek kondisi busi lebih mudah ketimbang bushing, karena itu perlu bengkel yang ahli.

Fuel pump atau pompa bahan bakar
Peranti ini memiliki fungsi vital bagi mobil, karena sangat menentukan asupan bahan bakar ke ruang bakar mesin. Bila bermasalah, misalnya kotor, maka bahan bakar tidak akan tersalur sehingga mesin mati total. Untuk mengetahui kondisi pompa bahan bakar ini cukup sulit, karena letaknya berada di tangki bahan bakar. Umumnya mobil yang pompa bahan bakarnya bermasalah pada awalnya masih bisa distarter dan mobil masih bisa berjalan.

Semoga bermanfaat
Allahu a'lam

Sumber : http://rajufebrian.wordpress.com dst.

Tidak ada komentar: