*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Senin, 11 Juli 2011

Shalat sebagai kekasih hati

Rasulullah saw bersabda, yang artinya ," Wahai Bilal, nyamankan kami dengan shalat! Karena kenyamanan Nabi ada dalam shalat". (Hr Ahmad dan Abu Dawud).
Maksud dalam kalimat Qurratu 'aini fi ash shalati adalah bahawa dalam shalat terdapat kedamaian, kenyamanan, kegembiraan dan kedamaian. Dama shalat juga pula terdapat ketetapanku, ketenanganku, dan matu tidak akan melirik pada yang lainnya. Kata Qurratul 'aini , secara etimologis berasal dari kata Al-Burudah (dingin) dan merupakan kebalikan dari kata As-Sakhunah (panas). Sehingga diartikan sebagai dingin matanya, terhenti tangisan matanya atau masih mengalir air matanya. Syaikh Mu'min Fathi al Haddad dalam Jaddid Shalataka menyatakan bahwa rasa kebahagiaan bisa mengalirkan air mata yang dingin, sedang kesusahan bisa mengalirkan air mata yang panas.

Adakalanya Qurratul 'aini berasal dari kata Al-Qarar (kediaman) , yakni mata melihat sesuatu yang dirindukan sehingga kemudian mata diam dan tenang. Allah telah memberikan ketenangan kepada mata sang hamba , memberikan anugerah sehingga mata menjadi tenang, padangangan mata tidak diangkat untuk melihat hamba lain yang berada di atasnya. Ulama lain, berpenedapat bahwa Qurratul 'aini berasa dari kata Al-Qurur, yaitu suatu air mata dingin yang disertai kebahagiaan. Pendapat lainnya menyatakan berasal dari kata Al-Qarar, yang berarti ketenangan.

Selanjutnya sudah sampai dalam tingkatan mana shalat kita? Diukur dari kadar shalat yang sudah mencapai tahap menjadi kekasih hati , yangtelah bisa membahagiakan hati, yang menyenangkan raga dan menggembirakan jiwa?.
Ataukan baru pada tahap dimana shalat yang dapat membebaskan dari beban dan menggugurkan kewajiban. Bukankah kita telah memulai shalat ketika usia masih anak-anak.

Apakah kita mengulangi kesalahan jaman para ahli kitab, dimana dzikir dan doa yang banyak dan beraneka ragam tidak sepenuhnya mencurahkan perhatian padanya bahkan tidak menghiraukan sebagai sebuah doa. Sehingga hati menjadi keras dan jiwa menjadi pasif.

Bukankah allah telah memperingatkan kepada kita semua dan mencela orang-orang yang beriman jika hati mereka tidak khusyu '.
Sebagaimana Allah berfirman, yang artinya ," Belumkan datang waktunya bagi orang-orangyangberiman , untuk tunduk hati mereka mengingat allah dan kepada kebenaran yangtelah turun (kepda mereka) , dan janganlah mereka seperti orang-orang yangsebelumnya telah diturunkan Al-Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang tas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan diantara mereka adalah orang-orang yang fasiq". (Al Hadid : 16).

Shalat adalah tiang terpenting dalam agama. Shalat adalah media atau sarana penghubung antara makhluk dengan Sang Khalik., antara hamba dengan Tuhannya. Setiap utusan Allah selalu menyerukan ajakan untuk beriman kepada Allah juga menjelaskan kepada umatnya tentang tata cara beribadah. Hingga sampailah kepada utusan terakhir (Rasulullah), yang menyeru kepada umat manusia untuk meng-esakan Allah dengan tulus.

Suadaraku, islam juga mengatur peribadatan bagi manusia, memberi contoh shalat lima waktu dengan prakteknya, menerangkan hikmah dan faedah shalat bagi spiritual dan jasmani, serta bagi individu dan sosial. Dengan ini shalat adalah bukti berakhirnya kenabian, dimana shalat menjadi kewajiban penting setelah berakhirnya runtutan wahyu dari Allah.

Sehingga Allah memberikan kepada umat akhir zaman ini amalan yang dapat mempertemukan segala yang dibutuhkan manusia dalam kitab-Nya bersamaan dengan diutusnya Muhammad Rasulullah, maka berakhirlah kenabian dan wahyu.
Sebagaimana firman-Nya, yang artinya ," Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat-Ku ", (Qs. Al-Maidah : 3).

Tiada wahyu lagi setelah al-Qur'an, dan tidak Rasul (nabi) setelah Nabi Muhammad saw. Manusia menjumpai Tuhannya setiap hari sebanyak (minimal) lima kali. Ketika seorang hamba membutuhkan petunjuk dan hidayah, maka hendaknya dia menneggelamkan diri dalam shalat hingga sampai pada tingkatan ihsan. Yaitu beribadah seolah-olah kita melihat Allah. Dan jika tidak mampu , maka maka yakinlah dalam beribadahlah , allah melihat anda. Sehingga Allah akan memberikan petunjuk dan hidayah-Nya.

Tugas para Rasul dan Nabi yang telah dipercayakan kepada umat, telah diwajibkan kepada setiap individu untuk menunaikan lima pertemuan dalam sehari semalam agar mendapat rahmat dan pertolongan langsung dari Allah, agar jiwa-jiwa dibersihkan dari berbagai cacat dosa.

Allah telah berfirman, yang artinya ," Katakanlah (Muhammad) ," inilah jalan (agama)ku , aku dan orang-orangyang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik ", (Qs. Yusuf : 108).

Sungga patut disesalkan , seoranghamba yang mengerahkan kemampuan berpikir hanya untuk urusan materi saja, sehingga terlupakan nimat shalat. Padahal segala persoalan materi yangtampak dihadapan hamba dapat diselesaiakn dengan nikmat shalat. Shalat yang telah kehilangan ruhnya, tidak mungkin menjadi kekasih hati , tidak mampu membersihkan jiwa. Semoga Allah membimbing dan memberi hidayah-Nya kepda kita semua sehingga terhindar dari kriteria orang-orang yang lalai dalam shalatnya.

Allahu a'lam
Sumber : Kaifa Takhsya'u fi Shalatika wa Tadfa'u min Wasawisika , Syaikh Mu'min Fathi Al Haddad

Tidak ada komentar: