*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 20 Maret 2011

Seputar Ka'bah (1)

Ka'bah merupakan bangunan yang menyerupai bentuk kubus, dan merupakan bangunan pertama diatas bumi yang digunakan untuk tempat beribadah kepada Allah. Sebagaimana firman-Nya, yang artinya," Sesungguhnya permulaan rumah yang dibuat manusia untuk tempat beridah itulah rumah yang di Bakkah (Mekkah) yang dilimpahi berkah dan petunjuk bagi alam semsta,". (Qs. Ali-Imran : 96).
Ka'bah disebut juga Baitullah (rumah Allah) atau Baitul 'Atiq (rumah kemerdekaan). Dibangun berupa tembok bersegi empat yang terbuat dari batu-batu besar bewarna kebiru-biruan yang berasal dari pegunungan sekitar Mekah. Adapun batu-batu yang digunakan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membangun Ka'bah berasal dari 6 bukit, yaitu : Bukit Abu Qubaisy, Thur Sina, Al-Quds, Radhwa, Warqam dan bukit Uhud. Ka'bah dibagun diatas dasar suatu pondasi yang kokoh terbuat dari batu marmer, tebalnya sekitar 25 cm. Secara umum data fisik Ka'bah adalah ; Tinggi seluruh dinding 15,00 m ; Lebar dinding utara 10,02m ; Lebar dinding barat 11,58 m ; lebar dinding selatan 10,13 m ; lebar dinding timur 10,22 m.
Nama Dinding

Oleh para pendahulu, dinding-dinding tersebut diberi nama khusus yang ditentukan berdasarkan nama negeri ke arah mana dinding itu menghadap . Kecuali satu sudut dinding yang diberi nama "Rukum Aswad", karena batu itu terletak disana. Adapun keempat dinding atau sudut tersebut adalah
a. sebelah utara Rukun Iraqi (iraq)
b. Sebelah barat Rukun Syam (Suriah)
c. Sebelah selatan Rukun Yamani (Yaman)
d. Sebelah timur Rukun Aswad (Hajar Aswad).
Rukun yang dimaksudkan disini adalah rukun yang mengandung arti harafiah sudut atau pojok. Sudut yangberjumlah empat tersebut yang terdapat pada bangunan Ka'bah merupakan 4 rukun yang diutamakan dalam manasik haji.
Dan keempat dindingnya ditutup oleh semacam kelambu sutera hitam yang disebut "Kiswah" dan tergantung dari atap sampai kaki . Sejak zaman Nabi Ismail , Ka'bah sudah diberi baju (kelambu) atau penutup dari luar yang disebut Kiswah.

Kiswah
Kiswah ini setiap tahun diganti pada saat upacara haji akan dinulai dan untuk lebih menyemarakkan upacara tahunan itu. Kiswah dipasang lapisan dan disambung dengan kain putih untk menjadi tanda bahwa Ka'bah dalam keadaan Ihram. Pada tanggal 10 Zulhijah, ketika Mekkah dalam keadaan sepi karena para jemaah haji masih berada di Mina, Kiswah dan kain penutup makam Ibrahim diganti dengan yang baru.
Kiswah dihiasi dengan tulisan-tulisan ayat-ayat suci Al-Qur'an yang disulam secara khusus dengan benang emas.Salah satu kalimat yang tertera pada sulaman Kiswah adalah kalimat syahadat :
Lafaznya : Allah Jalla Jalalah , la ilaha illallah , Muhammad Rasulullah.
Artinya ; Allah Maha Agung , tiada tuhan selain Allah, Muhammad itu utusan Allah.

Pintu Ka'bah
Pada dinding sebelah timur disamping Hajar aswad terdapat pintu yang diberi nama Al-Burk. Tingginya sekitar 2 m dan dibuat dari campuran logam, emas dan perak. Dipintu itu dituliskan ayat-ayat al-Qur'an, tentang Ka'bah, haji dan shalat serta tauhid. Di dalam Ka'bah terdapat 3 buah tiang untuk menopang atap , dan sebuah tangga melalui pintu kecil untuk naik ke atas atap.

Multazam
Adalah sebuah lokasi kecil di Hajar Aswad (dinding sebelah timur) di pojok sebelah timu kira-kira satu setengah meter dari lantai dasar. Dinding antara Hajar Aswad dengan pintu Ka'bah, yang lebarnya kurang dari dua meter itulah, dinamakan "dinding Multazam".
Dilokasi ini merupakan salah satu dari tiga lokasi atau tempat paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada allah . Umumnya jamaah yang sellesai thawaf berebut untuk medapat kesempatan mencurahkan segala isi hati dan menghadap Allah dengan doa-doa yang telah lama dipersiapkan, sehingga air mata bercucuran sambil mengucapkan doa yang telah lama dinantikan ini.

Almijan.
Terletak di dekat pintu , kira-kira di hadapan makam (batu tempat berdiri) Nabi Ibrahim. Diman atempat itu banyak dipergunakan oranag untuk shalat, yang disebut almijan. Dipercaya disinilah Nabi Ibrahim dan puteranya (Nabi Ismail) , berdiri sejenak sebelum bekerja pada saat membuat (renovasi Ka'bah).

Matwaf
Merupakan tempat atau lokasi thawaf di sekeliling Ka'bah diberi lantai marmer. Sebenarnya hanya sebatas inilah ukuran luas Masjidil Haram di masa Rasulullah. Tempat ini kini dinamakan Matwaf atau tempat thawaf.

Maqam Ibrahim.
Pintu Bani Syaibah di sebelah timur laut Ka'bah adalah tempat masuk resmi ke tempat thawaf. Antara pintu ini dan Ka'bah terdapat sebuah rumah kecil berkubah hijau, berdinding terali besi . Inilah yang disebut Maqam Ibrahim, tempat utama untuk mengerjakanshalat. Disebut tempat utama karena di lokasi inilah imam beridiri untuk semua macam shalat jamaah di Masjidil Haram.

Makam empat imam
Tidak seberapa jauh dari dinding Hajar Aswad terdapat rumah kecil tempat sumur Zam-Zam yang sekarang berada dibawah lantai dan di sebelah atasnya adalah. Makam Imam Syafi'i. dan tiga maka m lagi makam Imam Hanafi, terletak disebebalh barat. Makam Imam Hanafi di sebelah tenggara dan makam Imam Maliki disebelah utara. Dahulu tempat-tempat ini dipergunakan oleh imam tiap madzab pada waktu shalat lima waktu, sehingga tiap waktu shalat diadakan 4 kali berjamaah menurut madzab masing-masing. Cara bermadzab ini sekarang telah ditiadakan.

Rehabitilasi Ka'bah.
Dama sejarahnya Ka'bah telah mengalami sedikitnya 10 kali pembangunan renovasi atau rehabilitasi. Yaitu , oleh
1. para malaikat
2. Nabi Adam
3. Syits bin Adam
4. Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail
5. Suku Amaliqah
6. Suku Jurhum
7. Qushay bin Kitab
8. Abdul Muthalib
9. Bangsa Quraisy
10. Abdullah bin Zubair.

Setelah quraisy , rehabilitasi dilakukan lagi pad atahun 683 M oleh Abdullah bin Zubair. Dan diteruskan oleh Hajjaj bin Yusuf Al-Tsaqafi. Adapun bentuk yang bisa kita temui sekarang adalah hasil dari pembangunan Sultan Murad IV Al-Usmani (1630 M).

Allahu a'lam
Sumber : Buku pintar haji dan umrah HM Iwan Gayo

Tidak ada komentar: