*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Minggu, 03 Mei 2009

al-akhfiya,orang yg tersembunyi


وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاء وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ
"Dan mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepadaNya dalam (menjalankan) agama yang lurus." (Qs. Al-Bayyinah: 5).
Firman Allah , "Berdoalah kepada Rabb-mu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas" (Qs Al-A'raf : 55).
Hadits riwayat Muslim dalam Az-Zuhd , Rasulullah bersabda yang artinya, “ Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertakwa, yang kaya (mencukupkan apa adanya), dan yang beribadah secara khafi (sembunyi-sembunyi)" (HR Muslim dalam Az-Zuhd).
Para sahabat , tabi’in dalam setiap amal yang dilakukannya, selalu diniatkan hanya untuk menggapai keridhaan Allah. Mereka menyadari pentingnya ikhlas , berjuang keras untuk menyembunyikan beragam amalnya itu, mereka sangat ingin sekali amalnya diterima, lalu seluruh getaran hati yang mengarah pada sifat riya pun dihindari jauh-jauh. Maka amal salih yang mereka lakukan hanya tersembunyi antara mereka dengan Allah, dan tak ada seorang pun yang mengetahuinya
Dalam riwayat Ahmad, Ibnu Hibban dan Baihaqi, Nabi juga bersabda, yang artinya : "Sebaik-baik dzikir adalah dzikir khafi (diam-diam/tersembunyi), dan sebaik-baik rezeki adalah yang memberikan kecukupan."
Dalam Shahihut-Targhib wat-Tarhib , sebuah riwayat yang di-tahqiq oleh Al-Albani , dimana Rasulullah bersabda , yang artinya , "Sesungguhnya sedekah secara sembunyi-sembunyi itu memadamkan kemarahan Rabb (Allah) Tabaraka wa Ta'ala."

Saudaraku, dalam surat Al-A’raf diatas , disebutkan Kata "suara yang lembut" sebagai terjemahan dari kata "khufyah". Dalam arti bahasa harfiyah bermakna "tidak tampak" atau "tersembunyi".
Imam Qurthubi menulis dalam Al-Jami' li Ahkamil-Qur'an: makna 'khufyah' adalah (berdoa) secara sembunyi dalam nafs (jiwa/hati), agar terhindar dari sifat riya.

Allah memuji Zakariya AS, sebagaimana dalam firman-Nya , yang artinya , "Yaitu tatkala ia berdoa kepada Rabb-nya dengan khafiyya (suara yang lembut)" (QS Maryam : 3).

Seperti yang pernah dilakukan Nabi Zakariya dan orang-orang salih lainnya, para pejalan Ilahi pun seringkali menjalani laku spiritualnya dengan cara sembunyi-sembunyi. Beribadah dengan terang-terangan memang tidak dilarang, karena banyak ayat dan hadis pun membolehkannya bahkan menganjurkannya.

Banyak para ulama dalam kesendirian dan kerahasiaannya bersama Allah, dan banyak terminologi tasawuf yang merepresentasikan dan mengindikasikan hal itu, semisal khalwat, munajat, khafi, dzikr khafi, sirr, sirrul-asrar, dan banyak istilah lainnya.

Karena ketersembunyian, ketertutupan dan kerahasiaan ini pulalah, sehingga para salik (pejalan Ilahi) sering pula disebut sebagai al-akhfiya (orang-orang tersembunyi).

Walid bin Sa'id Bahkum , dalam kitabnya Al-Akhfiya-al-Manhaj was-Suluk , menyatakan bahwa orang-orang yang beribadah secara sembunyi-sembunyi sebagai al-akhfiya, dimana orang-orang ini yang mengetahui bahwa salah satu syarat diterimanya amal adalah al-ikhlas lilllah.

Ulama sufi kelahiran Irak, Al-Junaid rahimahullah, menyatakan bahwa ikhlash sebagai : "Rahasia antara Allah dan seorang hamba yang tidak diketahui oleh malaikat sehingga mencatatnya, tidak diketahui oleh syaitan sehingga merusaknya, dan tidak bisa diendus oleh hawa nafsu sehingga memalingkannya."

Banyak riwayat yang menyebutkan kaum al-akhfiya , sebagai orang yang merahasiakan berbagai macam amal kebajikannya dari pandangan manusia, karena mereka takut dihinggapi sifat riya, sum'ah, dan 'uzub (arogan).
Abu Hamzah Ats-Tsumali meriwayatkan bahwa Ali bin Husain memanggul karung berisi roti di atas pundaknya pada malam hari, yang dibagi-bagikannya kepada orang-orang miskin dalam kegelapan.
Ia juga berujar: "Sedekah pada malam yang pekat memadamkan kemurkaan Allah." Muhammad bin Ishaq bercerita: "Penduduk Madinah bisa mengenyam penghidupan,
namun mereka tidak tahu dari mana sumber penghidupan mereka itu. Begitu Ali bin Husain meninggal, serta merta penghidupan mereka pun lenyap.
Rupanya, beliaulah yang membawanya pada malam hari."

Sementara Amr bin Tsabit bertutur: "Ketika Ali bin Husain meninggal, mereka mendapati bekas di punggungnya karena memikul karung pada malam hari ke rumah-rumah para janda."

Sungguh mulia mereka yang bersemangat dalam beribadah secara sembunyi-sembunyi ini bukan hanya menyangkut sedekah, tapi juga dalam banyak ibadah lainnya, seperti shalat, puasa, menangis, berdoa, membaca Alquran, atau aktivitas keilmuan.
Imam Syafi'I, menyatakan bahwa "Saya ingin sekali manusia mengetahui ilmu ini, dan tidak menisbahkannya sedikit pun pada saya selama-lamanya", "Agar aku diberi pahala karenanya, dan mereka tidak memuji aku."
Imam Syafi'i merasa takut bila puji-pujian manusia terhadap dirinya itu bisa mengurangi pahala dan mencoreng sifat khifa (ketersembunyian) yang menjadi tambatan orang-orang salih.

Sungguh, para Salafus Salih banyak yang menyembunyikan amalnya, mereka lakukan karena khawatir dihinggapi sifat riya dan sum'ah.
Seorang ulama Badiuzzaman Said Nursi, dalam Risalah an-Nur, menyatakan bahwa ‘Karena di dalam keikhlasan terdapat banyak kekuatan dan cahaya... kami tentu saja memaksa siapa pun untuk bekerja dengan segenap kekuatan untuk mencapai keikhlasan. Kita perlu menanamkan keikhlasan di dalam diri kita.
Jika tidak, apa yang kita capai selama ini dalam amal yang tersembunyi akan hilang sebagian dan tak akan kokoh; dan kita akan bertanggung jawab.’

Saudaraku , kita harus selalu waspada bahwa riya’ dapat merusak keikhlasan. Karena itulah, secara berkala, kitaharus memeriksa niat dan membisikkan setiap kata, melakukan setiap tindakan murni hanya untuk Allah.


Wallahu a'lam.
sumber : dari beberapa sumber bacaan



Tidak ada komentar: