*****Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta,jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yg sabar.(Qs.Al-Baqarah 2 : 155).*****Ataukah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga , padahal (cobaan) belum datang kepadamu seperti (yang dialami) orang-orang terdahulu sebelum kamu. Mereka ditimpa kemelaratan, penderitaan dan diguncang (dengan berbagai cobaan), sehingga Rasul dan orang-orang yg beriman bersamanya , berkata, 'kapankah datang pertolongan Allah?' Ingatlah , sesungguhnya pertolongan Allah itu dekat.(Qs.Al-Baqarah 2 : 214). *****Dan sungguh, Kami telah mengutus (rasul-rasul) kepada umat-umat sebelum engkau, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kemelaratan dan kesengsaraan , agar mereka memohon (kepada Allah) dengan kerendahan hati.(Qs.Al-An'am 6 : 42). *****Dan Kami coba mereka dengan (nikmat) yg baik-baik dan (bencana) yg buruk-buruk, agar mereka kembali (kepda kebenaran). (Qs. Al-A'raf 7 : 168). *****Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yg apabila disebut nama Allah gemetar hatinya , dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal, (yaitu) orang-orang yg melaksanakan shalat dan yg menginfakkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yg benar-benar beriman. Mereka akan memperoleh derajat (tinggi) di sisi Tuhannya dan ampunan serta rizki (nikmat) yg mulia. (Qs.An-anfal 8 : 2-4). *****Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan (begitu saja), padahal Allah belum mengetahui orang-orang yg berjihad diantara kamu dan tidak mengambil teman yg setia selain Allah, Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman. Allah Mahateliti terhadap apa yg kamu kerjakan. (Qs. At-Taubah 9 : 16) *****Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yg sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan. (Qs. Al-Anbiya 21 : 35). *****Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sungguh , Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, Maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yg dusta. (Qs. Al-'Ankabut 29 : 2-3)

Kamis, 09 Juli 2009

Tips Tune Up mobil anda

Perawatan berkala (tune up) mobil anda diperlukan untuk menjaga performa mesin kendaraan agar selalu optimal. Dan jangan lupa , juga diperhatikan hal lain sebagai penunjang.
Pada saat tune up, seluruh system kerja dan komponen kendaraan dapat diperiknsa atau dicek apakah kinerjanya masih bekerja dengan baik atau sudah terjadi penurunan kualitas. Bila diketahui ada system kerja yang kurang normal atau komponen mulai rusak karena pemakaian, dapat segera diambil langkah antisipasi.
Hal ini sangat penting, tujuan utamanya adalah untuk mencapai performa mesin kendaraan yang optimal. Tujuan kedua adalah menghindari kerusakan komponen yang lebih parah di kemudian hari. Sedangkan tujuan ketiga, yaitu meminimalisasi pengeluaran biaya yang lebih banyak.

Karena beragamnya pekerjaan yang harus ditangani, tentu memerlukan peralatan bengkel yang lengkap dan bekal ketrampilan khusus. Oleh karena itu, pada umumnya memang akan lebih baik bila melakukan tune up di bengkel (resmi) daripada melakukan sendiri.

Konsultasi
Ini perlu dilakukan , karena umumnya sangat jarang ada diskusi yang nyambung antara konsumen dengan teknisi bengkel ketika tune up. Ada beberapa penyebab yang membuat hal ini bisa terjadi ;

  • a. dari sisi konsumen sendiri, ada sikap tidak mau tahu daengan kondisi mobilnya. Mereka pokoknya ingin asal beres saja. Berapapun biaya yang harus dikeluarkan karena penggantian komponen-komponen, seakan tidak menjadai masalah. Lau bagaaimana bai konsumen yang punya anggaran keuangan yang terbatas?
  • b. Dari sisi bengkel, tentu ini menyangkau juga pertimbangan dari sisi bisnisnya. Atau barangkali bagi bengkel, ada pemeo bahwa semakin banyak suku cadang dan komponen yang diganti, tentu merupakan pemasukan income yang lebih. Walaupun terkadang sebenarnya penggantian-penggantian itu belum atau tidak perlu dilakukan.

Sahabat, idealnya ketika dilakukan tune up ada tiga target yang harus dicapai. Yakni,
1. Kinerja mesin mobil menjadi optimal,
2. Konsumen merasa tidak dirugikan, dan
3. Bengkel tetap meraih keuntungan.

Konsumen
Kondisi komponen memagang peranan penting dalam penentuan tindakan yang harus diambil. Untuk komponen dengan kondisi masih baik (diatas 80%), teknisi harus menyampaikan kepada konsumen, bahwa belum perlu dilakukan penggantian.
Bila ada komponen yang aus atau harus diganti juga harus didampaikan kepada konsumen secara jujur beserta plus minusnya.

Bengkel masih dapat member rekomendasi komponen yang kondisinya masih 60%, namun perlu digarisbawahi bahwa ini juga riskan dengan gangguan yang mungkin terjadi.

Jika kondisi komponen fifty-fifty, maka biasanya komponen ini akan mengalami gangguan sebelum pemilik mobil melakukan tune up. Jadi pemilik bisa memperkirakan keputusanda perlu menyiapkan anggarannya sebelum terjadi masalah. Komponen ini umumnya berupa busi, platina, filter.

Bila anda konsumen perlu mengadakan penggantian komponen, perlu juga mendapat panduan dari bengkel mengenai alternatifnya. Sebab ada beberapa jenis pilihan yang harus diambil. Mulai dari komponen orisional dan komponen komplenenternya. Atau bisa juga menggunakan komponen yang high performance yang mampu mendongkrak tenaga mesin 5-10% namun dengan masa pemakaian yang lebih singkat.

Test drive.
Bila semua perbaikan dan perawatan telah beres, bengkel harus mengadakan test drive. Ini seharunya sudah menjadi standart pelayanan bengkel. Kegiatan ini untuk mengetahu bahwa perbaikan-perbaikan sudah sesuai dengan kondisi optimal kendaraan anda saat jalan.


Allahu a'lam
Sumber : Mobil Motor.Tips modifikasi.


Tidak ada komentar: